Badan Otonom NU

Ziarah Bareng, IPNU IPPNU Kedungreja Jaga Tradisi NU

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kedungreja adakan kegiatan ziarah bareng napak tilas  Pendiri  IPNU dan ulama pada hari Selasa (10/07).

Ziarah bareng diikuti oleh kepengurusan PAC IPNU IPPNU Kedungreja. Mereka menggunakan satu mini bus yang bertitik keberangkatan di gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kedungreja (MWCNU) Kedungreja.

“Di sisa masa khidmah kepengurusan PAC IPNU IPPNU Kedungreja yang sebentar lagi akan habis kita masih mempunyai dua program kerja yang belum terlaksana yaitu LAKMUD dan ziarah napak tilas Pendiri IPNU. Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan program napak tilas yang artinya program kerja kita tinggal satu lagi yang blum terealisasi,” ungkap Nurhas Ketua PAC IPPNU Kedungreja.

Baca juga: NU Glempangpasir Gelar Ziarah Wali

Jaga tradisi

Sudah menjadi tradisi bagi orang-orang Nahdlatul Ulama untuk berziarah mengirim do’a kepada ulama, Muassis dan lain sebagainya. Dalam hal ini telah ditunjukan oleh PAC IPNU IPPNU Kedungeja untuk beristiqomah menjaga dan mempertahankan tradisi-tradisi yang ada di Nahdlatul Ulama.

Ada 3 makam yang dituju pada kegiatan ziarah napak tilas itu. Mereka adalah tokoh-tokoh ulama yang mempunyai peran luar biasa pada masanya dalam catatan sejarah.

“Tujuan ziarah napak tilas kami yang pertama mendatangi makam pendiri IPNU, pertama yaitu KH Tolhah Mansyur. Beliau adalah Pendiri IPNU dan sekaligus sebagai Ketua Umum IPNU Pertama.” katanya.

Destinasi ziarah kedua adalah ke makam  Syekh Dalhar Watu Congol. Beliau adalah salah satu ulama pejuang pra kemerdekaan saat laskar santri melawan sekutu pada 21 November 1945 yang di komandoni oleh Jendral Soedirman.

Sementara tujuan ziarah ketiga ke makam  Syekh Badawi Hanafi Kesugihan karena beliau adalah ulama yang karismatik dengan sifat ketawadluannya yang luar biasa. Sifat tawadlu beliau sangat luar biasa karena ia tidak memposisikan dirinya sebagai kiai  atau pun seorang guru,” terang Nurhas.

Ziarah napak tilas ini diharapkan menjadi momen kebangkitan PAC IPNU IPPNU Kedungreja dari pandemi covid-19.

“Harapan dengan diadakannya ziarah napak tilas ini, diharapkan kader IPNU IPPNU lebih dekat dengan Pendiri organisasi IPNU  dan mendapat barokah dari Pendiri IPNU. Disamping itu menjadikan momen kebangkitan PAC IPNU IPPNU Kedungreja  dari pandemi Covid selama dua tahun yang mematahkan program program kerja  kami di kepengurusan,” tegas Umam Ketua PAC IPNU Kedungreja.

Kontributor: Anas Mubarok
Editor: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button