Ranting NU

Ranting NU Glempangpasir Ziarah Para Wali dan Ulama

Lestarikan Tradisi NU

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Glempangpasir Adipala Cilacap mengadakan ziarah para wali dan Ulama; kegiatan yang merupakan tradisi rutin warga NU— di beberapa makam di Jawa Tengah dan Jawa Barat, Sabtu- Ahad (28-29/05/2022).

Kepada Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online, Ketua Panitia Ziarah Para Wali dan Ulama Kiai Muhammad Ihsan. mengatakan; kegiatan ziarah ini sebagai agenda rutin Ranting NU yang merupakan program kerja tahunan.

“Setiap tahun mengadakan ziarah di bulan Syawal dengan rute yang berbeda. Alhamdulillah di bulan Syawal 1443 Hijriyah bisa sukses melaksanakan Program Kerja Ranting NU; yaitu ziarah ke makam Para Wali dan Ulama,” ungkap Kiai Muhammad Ihsan bersyukur

Ziarah Para Wali dan Ulama Ranting NU Glempangpasir kali ini antara lain ke ke makam Syekh Badawi Hanafi, Syekh Mustholih Badawi Kesugihan; Syekh Abdul Muhyi Pamijahan, Syekh Abdurrokhim Panjalu, dan Syekh Anom Suryalaya Tasikmalaya.

Peserta Ziarah Makam Para Wali dan Ulama menggunakan armada sejumlah 4 (empat) bus; dengan jumlah peserta sekitar 203 orang jamaah atau warga NU. Mereka berasal dari Desa Glempangpasir dan sekitarnya. Sebelum pemberangkatan diadakan tahlil bersama di Masjid Al Falah Glempangpasir. Pemberangkatan dimulai Pukul 20.00 WIB; dari Halaman Masjid Al Falah Glempangpasir.

Ziarah Makam Wali

Dasar Ziarah

Rais Syuriyah Pengurus Ranting NU Glempangpasir KH ‘Afifudin mengungkapkan, dasar dari kegiatan Ziarah Para Wali dan Ulama ini adalah menjalankan Sunnah Nabi dan melestarikan tradisi ulama salaf.

“Ziarah ini bertujuan selain agar jama’ah mengingat akan kematian juga sebagai bentuk tabaruk dan mengikuti sunah Rasul sekaligus mengenal para wali dan ulama terdahulu,” katanya.

KH ‘Afifudin menukil Hadist Nabi Muhammadﷺ sebagai berikut :

أنبأنا إسماعيل بن أحمد أنبأنا حمزة أنبأنا أبو أحمد بن عدى حدثنا أحمد بن حفص السعدى حدثنا إبراهيم بن موسى حدثنا خاقان السعدى حدثنا أبو مقاتل السمرقندى عن عبيد الله عن نافع عن ابن عمر قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” من زار قبر أبيه أو أمه أو عمته أو خالته أو أحد من قراباته كانت له حجة مبرورة, ومن كان زائرا لهم حتى يموت زارت الملائكة قبره.

Artinya: Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa berziarah ke makam bapak atau ibunya, paman atau bibinya, atau berziarah ke salah satu makam keluarganya, maka pahalanya adalah sebesar haji mabrur. Dan barang siapa yang istiqamah berziarah kubur sampai datang ajalnya maka para malaikat akan selalu menziarahi kuburannya.

Dalam haditsnya, Rasulullah ﷺ juga menjelaskan bahwa seorang muslim yang menziarahi makam keluarganya seperti bapak, ibu, paman, bibi, dan saudara-saudaranya yang lain; maka ia akan memperoleh pahala sebesar pahala orang haji mabrur dan kelak jika ia sudah meninggal akan diziarahi malaikat.

Dan ketika seseorang Muslim pergi untuk berziarah ke para wali Allah SWT dan keluarga nabi yang dimuliakan dan Ulama Shaleh. Maka ini berarti bentuk cinta terhadap mereka. Dan sebagai mencari berkah, para sahabat juga biasa bertabaruk atau mencari berkah dari atsar Rasulullah ﷺ.

Pengurus Ranting NU Glempangpasir juga menggandeng unsur Badan Otonom NU dalam kegiatan ziarah ini. Empat anggota Banser turut mengawal dan pengamanan kegiatan ziarah.

Pengurus Ranting NU Glempangpasir berharap agar di tahun depan bisa bertambah pesertanya; juga bisa saling bersinergi dengan Badan Otonom dan Pemerintahan Desa Glempangpasir. Peserta Ziarah Makam Para Wali dan Ulama tahun 2022 ini juga menyempatkan diri berwisata di Pangandaran.

Baca juga : Ziarah Aulia dan Alim Ulama TPQ MADIN Kecamatan Adipala

Kontributor: Fathin Amamah
Editor : Khayaturrohman

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button