Dokumentasi

PCNU Pangandaran Tertarik Manajemen Haji KBIHUNU Cilacap

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pangandaran Jawa Barat bersilaturahmi ke PCNU Cilacap Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022); dengan agenda tentang manajemen pengelolaan Ibadah Haji dan Umroh melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHUNU) Cilacap.

Katib Syuriyah PCNU Cilacap Kiai Abdal Malik dalam sambutan selamat datang menyampaikan; bahwa fungsi pelayanan warga NU menjadi konsentrasi PCNU Cilacap, termasuk dalam hal Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh.

“Yang menjadi salah satu kunci dalam pengelolaan ibadah haji di KBIHUNU Cilacap adalah kebersamaan personal pengurus NU dengan KBIHUNU. Masing-masing berninergi dan saling menguatkan,” katanya.

Kiai Abdal Malik menegaskan, bentuk sinergi PCNU dengan KBIHUNU Cilacap adalah kesatupaduan layanan. KBIHUNU, menurutnya, adalah bagian integral dari PCNU Cilacap. Bukan institusi yang terpisah.

Ketua PCNU Pangandaran KHR Hilal Farid Turmudi, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus menghidupkan Kelompok Ibadah Haji di lingkungan PCNU Pangandaran. Selama ini, menurutnya, Bimbingan Ibadah haji sudah berjalan, namun masih perlu upaya-upaya peningkatan.

“Kami sangat ingin belajar bagaimana sepak terjang KBIHUNU Cilacap untuk bisa diterapkan di lingkungan PCNU Pangandaran. Mengingat, masalah Ibadah Haji juga menjadi komitmen dalam program pelayanan jamiyyah NU Pangandaran,” katanya.

Lebih dari itu, menurut KHR Hilal Farid Turmudi, terutama dalam hal manajemen organisasi KBIH yang masih harus diupayakan peningkatannya.

Program KBIHUNU Cilacap

Sekretaris KBIHUNU Cilacap Drs H Jamun Efendi MM menyampaikan terima kasih atas kehadiran PCNU Pangandaran. Menurutnya, salah satu keberhasilan manajemen pengelolaan haji di Cilacap adalah pemberdayaan sumber daya manusia jamiyyah NU di daerah-daerah yang ada di Cilacap.

“Keberhasilan kami sangat didukung oleh kinerja pengurus KBIHUNU yang ada di daerah, yang Kami sebut Pengurus Distrik. Dari bimbingan hingga pengelolaan dan rekruitmen calon jamaah haji berbasis daerah atau distrik,” katanya.

Guna menunjang keberhasilan layanan dan bimbingan ibadah haji, KBIHUNU merumuskan program dan melaksanakan kegiatan yang terjadwal. Di samping itu, untuk melaksanakan bimbingan haji, PCNU Cilacap dilengkapi dengan beebrapa alat pendukung.

“Perlengkapan baik indoor maupun outdoor kami sediakan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan KBIHUNU Cilacap,” katanya.

Drs H Jamun Efendi MM menambahkan, di tahun 2022 ini, KBIHUNU Cilacap juga memberangkatkan calon jamaah haji sebanyak 246 orang. Ini, katanya, adalah sejumlah jamaah yang kekerangkatannya sudah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agama RI tahun 2022 ini.

Di akhir paparannya, Drs H Jamun Efendi MM mempersilakan kepada PCNU Pangandaran untuk mengambil hal-hal baik yang menjadi bagian dari mekanisme pelayanan dan manajemen KBIH di lingkungan PCNU Pangandaran.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button