Kenang Perjalanan Santri, Saksi Lahirnya Resolusi Jihad

NU CILACAP ONLINE – Mengenang Perjalanan Santri sebagai saksi lahirnya Resolusi Jihad, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cilacap Utara menggelar upacara dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang bertempat di halaman SMK MAKMUR 1 Cilacap, Jum’at (22/10).

Upacara diikuti oleh seluruh jajaran kepengurusan MWCNU Cilacap Utara, IPNU IPPNU, Muslimat NU, GP Ansor, Fatayat NU, Banser dan seluruh siswa-siswi SMK Makmur 1 Cilacap.

Dalam sambutannya, KH Imam Mausul, ST selaku pembina upacara sekaligus Ketua MWCNU Cilacap Utara menyampaikan bahwa santri telah menjadi saksi lahirnya Resolusi Jihad. Dan karenanya, kita wajib mengenangnya sebagai sumber semangat perjuangan.

“76 tahun yang lalu pada bulan ini, hari ini, Allah SWT dan Bumi Pertiwi ini dan ribuan santri menjadi saksi lahirnya Resolusi Jihad. Alhamdulillah resolusi jihad hadir dalam kondisi yang sangat genting saat itu sebagai solusinya,” ungkap KH Imam Mausul.

Menurut KH Imam Mausul apa yang terjadi hari ini adalah salah satu bukti peran ulama yang sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan angsa Indonesia.

“Hari Santri ini kita rayakan dengan rangkaian kegiatan; perlu diingat bahwa kiai, santri, dan peran pesantren mempunyai andil yang sangat besar terhadap negeri ini. Kita juga harus menegaskan bahwa para santri adalah saksi hidup lahirnya Resolusi Jihad sebagai peristiwa sejarah yang agung” tegasnya

Lihat juga :

Pesan Perjuangan

Sementara itu, Drs Uhud, Kepala SMK Makmur 1 Cilacap kepada Siswa Siswi SMK Makmur 1 Cilacap, memberikan pesan perejuangan dan semangat; agar para siswa siswi menjadi pemuda yang berani, tangguh dan generasi pemimpin yang akan merawat kemerdekaan Indonesia.

“Teruslah bersemangat. Teruslah kalian bersungguh-sungguh dalam belajar, sebab kalianlah calon pemimpin bangsa ini dan kalianlah pemuda penerus di masa yang akan datang sebagai pemimpin di masa depan,” tegasnya.

Baca juga Pawai Resolusi Jihad Meriahkan HSN MWCNU Karangpucung

Drs Uhud berharap, semoga Allah SWT senantiasa melindungi bangsa ini baik kemerdekaannya, kedaulatannya, hingga terwujud Negara Indonesia baldatun thayyibatun warobbun ghofur.

Dalam rangka peringatan Hari Santri ke VII Pngurus MWCNU Cilacap Utara melaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya, Lomba-Lomba TPQ bersama IPNU IPPNU, Upacara Bendera Bersama Siswa – Siswi SMK Makmur 1 Cilacap, Istighosah dan Tumpengan pada Jum’at Malam.

Pengurus MWCNU Cilacap Utara juga mengagendakan kerja bakti pengecoran Gedung Sekretariat Bersama MWCNU Cilacap Utara, yang dalam tahap awal pembangunan, Sabtu (23/10).

Baca juga Pedoman Pelaksanaan Upacara Hari Santri

Kontributor : Hermanto
Editor : Achmad Nur Wahidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button