LAZISNU Cilacap Luncurkan Program Ta’awun Card POROZ

NU CILACAP ONLINE – Masih di momen Hari Santri Nasional, NU Care LAZISNU Cilacap resmi meluncurkan program Ta’awun Card Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (POROZ) kerjasama dengan Digi Herbal Nusantara.¬† Peluncuran dilaksanakan usai upacara Hari Santri Nasional tahun 2023 di Kecamatan Patimuan (22/10).

POROZ adalah asosiasi lembaga pengelola zakat yang bersifat nirlaba dan independen. Peluncuran Ta’awun Card POROZ disaksikan PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar serta para undangan Upacara Hari Santri yang diniisiasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap.

Serah terima Ta’awun Card POROZ olehPCNU Cilacap KH Nasrulloh Muhson mewakili POROZ pusat kepada Direktur NU Care LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi. Dengan demikian LAZISNU Cilacap resmi menjadi bagian POROZ bersama berbagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) berbasis Islam lainnya.

Kepada¬† NU Cilacap Online Fauzi mengatakan bahwa ini adalah salah satu strategi LAZISNU Cilacap dalam memberikan fasilitas bagi para amil untuk keberlangsungan amil melalui program ta’awun perkumpulan oraganisasi pengelola zakat.

“NU Care LAZISNU Cilacap mendapatkan manfaat dari Ta’awun card Poroz agar dalam menjalankan tugasnya dalam berkhidmat mendapatkan manfaat dari program tersebut.” terang Fauzi.

Tentang POROZ

POROZ (Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat) adalah asosiasi lembaga pengelola zakat yang bersifat nirlaba dan independen. Ini sebagai wadah berhimpun Lembaga Amil Zakat (LAZ), terutama yang berbasis organisasi masyarakat Islam.

POROZ dideklarasikan pada Jumat, 9 Februari 2018, bertepatan dengan 23 Jumadil Awal 1439 Hijriyah. Saat ini POROZ berkedudukan atau sekretariat di Jl. Kramat Raya No.45, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

Visi POROZ

“Optimalisasi pengelolaan zakat, infak dan sedekah dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang sejahtera dan berdaya.”

Misi POROZ

  1. Mewujudkan organisasi pengelola zakat yang transparan, amanah dan profesional.
  2. Memadukan potensi jaringan antar pengelola zakat untuk menjadi kekuatan yang menyatukan strategi pemberdayaan melalui pengelolaan ZIS.
  3. Mendorong berbagai usaha pengembangan ekonomi produktif yang berkelanjutan.
  4. Melakukan upaya pengembangan SDM dalam bidang pengelolaan ZIS

Baca juga NU Care LAZISNU, Lembaga Amil Zakat Sah Secara Hukum

Tujuan POROZ

1. Terwujudnya jaringan antara pengelola zakat guna peningkatan pengelolaan zakat, penyatuan strategi pemberdayaan agar peran pengelola zakat berjalan optimal.
2. Terwujudnya peningkatan kesadaran masyarakat dalam berzakat.
3. Terwujudnya peningkatan kualitas SDM para pengelola zakat.
4. Terwujudnya kerjasama yang baik dengan pengelola zakat nasional dan internasional.
5. Terwujudnya jaringan dan kerjasama guna membangun hubungan aspiratif dengan pemerintah.

Baca juga Pengelolaan Zakat Sesuai Undang Undang, Review Singkat

Keanggotaan POROZ

POROZ beranggotakan beberapa LAZ berbasis Islam di antaranya

  1. NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU)
  2. LAZ Persis
  3. Baitul Maal Hidayatulloh (BMH)
  4. Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU)
  5. LAZNAS Dewan Dakwah Indonesia
  6. Lembaga Amil Zakat Wahdal Islamiyah (WIZ)

Baca juga Memperkuat Literasi Zakat Masyarakat – NU Cilacap Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button