Esai

NU Cilacap, Akun Resmi Media Sosial PCNU Cilacap

NU Cilacap adalah nama akun resmi media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube sekaligus media online organisasi PCNU Cilacap. Akun NU Cilacap dengan tagline Media Nahdliyyin Cilacap melengkapi tagline Situs Islam Aswaja Media NU Cilacap Online berbasis website (https://pcnucilacap.com)

Nama NU Cilacap dipilih untuk memudahkan dalam penyebutan dan pencarian. Selain mudah dalam penyebutan, juga mudah dalam pencarian. Anda sewaktu waktu bisa mengunjungi akun resmi media sosial organisasi NU Cilacap.

Ada NU Cilacap Facebook, untuk platform Facebook. Di Twitter ada NU Cilacap Twitter. Demikian juga ada NU Cilacap Instagram. Untuk platform video ada NU Cilacap Youtube.

Apa manfaat akun media sosial untuk organisasi? Yang utama adalah untuk menyebarkan informasi organisasi, berupa profil, program, berita dan dokumentasi kegiatan. Organisasi NU Cilacap sangat menyadari hal tersebut.

Manfaat dari media sosial bagi organisasi lainnya adalah; untuk membangun image / branding / reputasi, menciptakan dan menjaga interaksi, memengaruhi orang lain, media ekspresi organisasi secara sosial yang lebih luas, partisipasi demokrasi, sumber informasi organisasi, sarana berbagi dan mencapai tujuan, serta membangun komunitas.

NU Cilacap Facebook. Dibanding akun media sosial lainnya, akun resmi facebook PCNU Cilacap lebih dulu hadir secara online mewarnai jagat dunia maya. Organisasi NU Cilacap memerlukan semua itu dan mengambil manfaat dari Facebook. Manfaat Facebook tidak jauh dengan yang disebutkan di atas bagi organisasi.

Rerata organisasi juga memanfaatkan peluang menyampaikan pesan keorganisasian dengan membuat akun media sosial di Twitter. NU Cilacap Twitter menjadi media cuitan dan berbagi informasi sekaligus berdialog dengan netizen pengguna Twitter.

Di Balik Akun NU Cilacap

Media Nahdliyyin Cilacap (MNC) merupakan branding name dari akun media sosial. Di dalamnya terdapat komunitas pegiat media sosial yang berada di balik akun NU Cilacap. Mereka adalah sekelompok anak muda yang memiliki talenta minat bakat dan ghirrah dalam bermedia sosial.

MNC membawahi ke empat akun media sosial NU Cilacap. Dua di antaranya sudah disebutkan di atas. Pilihan nama Media Nahdliyyin Cilacap untuk mempertagas kedekatan organisasi dengan warga NU, terutama yang aktif di media sosial. Dalam kapasitas semi formal, semacam ad-hoc, MNC menjadi bagian resmi dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap.

Apa yang dilakukan oleh MNC? Memproduksi konten media sosial. Mengelola akun. Membuat jejaring seluas-luasnya. Merespon opini dan peristiwa aktul. Menyediakan konten berbasis info-grafis. Membuat Video sebagaimana ditayangkan di NU Cilacap Youtube.

NU Cilacap Instagram tidak luput dari garapan MNC. Karena Instagram menjadi salah satu platform media sosial dengan impresi dan rating sangat tinggi. Tentu konten nya disesuaikan dengan platform organisasi, bukan platform personal.

Harapan kita dari PCNU Cilacap maupun dari Tim Media Nahdliyyin NU Cilacap, tentu banyak berkaitan dengan akun-akun media sosial.

Pertama, organisasi semakin berkembang dari sisi membangun informasi positif ke dalam maupun ke luar jejaringnya. Kedua, organisasi memiliki impact di kemudian hari seiring dengan perkembangan platform media sosial. Ketiga, yang terlibat di dalamnya bisa memberikan yang terbaik untuk para follower atau sekadar stalker yang ada dalam jejaring. Keempat, konten yang disajikan benar-benar memberi manfaat yang positif bagi semuanya. Kelima, terbangunnya kesadaran baru dalam berorganisasi dengan memanfaatkan teknologi, termasuk media sosial.

Terima kasih untuk telah berinteraksi dengan akun akun NU Cilacap Media Sosial. Semoga tetap istiqomah dalam haluan Islam Aswaja di dalam maupun di luar jejaring media sosial dan media online lainnya (Ditulis oleh Kang Nawar)

Show More

Munawar A.M.

Admin Utama Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × 3 =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button