LPTNU Cilacap Ikuti Konferensi Perguruan Tinggi NU Di Medan

NU CILACAP ONLINE – Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Cilacap ikuti Konferensi Perguruan Tinggi NU dan koordinasi PTNU se-Indonesia, dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LPTNU di Hotel Santika Medan, Sumatra Utara.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mulai tanggal 8 – 10 Maret 2023 ini diikuti oleh PTNU se-Indonesia baik yang berada di bawah perkumpulan NU atau yayasan yang terafiliasi dengan NU.

Hal tersebut disampaikan Ketua LPTNU Cilacap Shoiman Nawawi MH kepada NUCOM Rabu, (8/3/2023). Dalam konferensi PTNU tersebut dirinya didampingi utusan UNUGHA Cilacap, hadir juga ketua BPP UNUGHA Cilacap KH Lubbul Umam, Wakil Rektor II Masruri dan Kabiro Kemahasiswaan Rohmatulloh.

Ia menyampaikan bahwa Konferensi Pendidikan Tinggi NU tersebut membahas arah pengembangan (grand design) pendidikan tinggi NU di masa yang akan datang. Sebagai narasumber Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

“Kedua kementerian tersebut merupakan penopang dalam pengembangan pendidikan tinggi agar lebih maju ke depannya,” tuturnya kepada NU Cilacap Online.

Selain dua kementerian itu, kata dia, narasumber juga dari stakeholders dunia industri, jasa, IT, dan lembaga filantropi.

“Dengan mengikuti konferensi LPTNU ini sebagai harapan bisa maksimal, dan bisa bersinergi searah kebijakan pemerintah untuk mendukung kemajuan dan pengembangan pendidikan tinggi NU,” harap Wakil Rektor III Universitas Nashlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap itu.

Dia menuturkan bahwa Konferensi membahas empat agenda utama, yaitu kurikulum Ahlussunnah wal Jamaah dan Moderasi Beragama, tatakelola perguruan tinggi, fokus riset dan pengembangan teknologi, serta perluasan jaringan nasional dan global.

Di samping itu, ada pula agenda sharing best practice dari PTNU dengan capaian dalam tiga bidang: kekuatan jaringan, aspek jaminan mutu, dan tatakelola kelembagaan.

“Sebagai delegasi dari LPTNU Cilacap nanti akan adakan forum sharing pengalaman ini kepada PTNU lainnya. ” pungkasnya.

Baca artikel terkait

Pesan Wapres KH Ma’ruf Amin

Sementara itu Wakil Presiden KH Maruf Amin mengatakan Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) harus menghasilkan para ahli agama yang tidak hanya memahami agama secara tekstual.

“Dengan tantangan yang ada, ke depan saya mendorong pengembangan keilmuan yang dibangun, harus didasarkan pada ajaran Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin,” kata Wapres dalam pembukaan Konferensi LPTNU di Ballroom Hotel Santika Dyandra, Medan, Rabu (8/3/2023).

Melalui NU Cilacap Online, ia meminta kepada LPTNU agar fokus dalam meningkatkan profesionalitas lewat peningkatan kurikulum, kualitas dosen, administrasi pendidikan hingga pembiayaan.

“Ini penting karena kualitas LPTNU masih mengalami keterbatasan. LPTNU perlu mendorong perluasan sinergitas dan kerjasama tidak hanya di dalam dan di luar negeri, namun juga dengan menjalin sinergitas bersama instansi pemerintahan dan kementerian,” pungkasnya. (IHA/Khayaturrohman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button