15 Kegiatan Prioritas PCNU Cilacap Tahun 2019

15 Kegiatan Prioritas PCNU Cilacap Tahun 2019 muncul dari ketetapan Rapat Awal Tahun 2019 bersama dengan pengurus MWCNU se Kabupaten Cilacap, Sabtu (19/1).

Ke 15 Kegiatan Prioritas Tahun 2019 merupakan bagian dari amanat Muskercab I NU Cilacap tahun 2018. Ke 15 Kegiatan Prioritas Tahun 2019 sebagaimana berikut ini:

  1. Bimtek Realisasi Bantuan Dana Hibah untuk Lembaga, Badan Otonom dan MWCNU.

Kegiatan ini berhubungan dengan realisasi banuan dana hibah dari pemerintah daerah Kabupaten Cilacap. PCNU, Lembaga, Badan Otonom, MWCNU menerima bantuan dana hibah yang harus digunakan sebagaimana mestinya untuk menunjang peningkatan kinerja organisasi. Bimbingan teknis dilaksanakan agar mekanisme pengajuan, pemanfaatan dan pelaporan bantuan dana hibah, sesuai dengan –dan tidak melanggar– prosedur perundang-undangan yang berlaku.

  1. Fasilitasi Pembentukan Badan Otonom ISHARI dan Serikat Nelayan NU dan Merevitalisasi Badan Otonom Pergunu, ISNU, JQH, dan JATMAN;

Beberapa badan otonom NU masih harus direvitalisasi agar bisa berjalan lebih efektif serta pelaksanaan kegiatannya tidak hanya sinkron tapi juga sinergis dengan visi dan misi organisasi Nahdlatul Ulama. Revitalisasi menyangkut banyak aspek, di antaranya keaktifan yang terencana dan responsif atas kebutuhan masyarakat dan organisasi. Mengingat sebagian wilayah Kabupaten Cilacap adalah pesisir, maka pembentukan badan otonom Serikat Nelayan NU menjadi urgen adanya. Demikian juga dengan ISHARI.

  1. Massifikasi Program Kemandirian Organisasi melalui Gocap;

Kegiatan Gerakan Koin NU Cilacap (Gocap) akan diperluas dengan penetapan sasaran prioritas kepada pengurus NU, Lembaga dan Badan Otonom NU. Di awal ini akan melibatkan seluruh jajaran pengurus NU dari tingkat Cabang hingga Ranting untuk secara sukarela menjadi munfiq (orang yang berinfaq). Output infaq akan digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan aspek-aspek lain yang dibutuhkan organisasi, termasuk infrastruktur. Besar harapan di tahun 2019 ini, Gocap benar-benar terlaksana dengan masisif.

  1. Mendorong Pembentukan & Pengesahan Lembaga di MWCNU

Keberadaan Pengurus Lembaga di tingkat MWCNU mutlak ditetapkan menyusul keputusan Munas/Konbes NU tahun 2017. Tidak semua Lembaga harus dibentuk, namun ada skala prioritas sesuai dengan kebutuhan penanganan program. Dalam 6 (enam) bulan ke depan, seluruh MWCNU diharapkan sudah membentuk dan mengesahkan Lembaga-Lembaga NU, dengan Surat Keputusan MWCNU. Terbentuknya Lembaga NU akan mempermudah mekanisme konsolidasi rganisasi dan program serta kegaiatan sesuai bidangnya. Tidak semua kegiatan bisa dilakukan oleh PCNU/MWCNU, di sinilah fungsi dan peran lembaga sangat dibutuhkan sebagai pelaksana kegiatan.

  1. Mengikuti Kegiatan oleh PBNU, PWNU dan Stakeholder NU/pihak eksternal.

Kegiatan dalam lingkup poin 5 (lima) ini hampir pasti ada pada setiap periode tahun berjalan. Secara internal, sudah menjadi bagian dai konsolidasi organisasi. Untuk kaitannya dengan pihak eksternal, PCNU Cilacap bisa mengambil posisi partisipatif atau inisiatif, dalam pengertian sebagai inisiator kegiatan. Hal serupa juga berlaku bagi pengurus MWCNU dan Ranting NU;

  1. Pelaksanaan PKPNU untuk Pengurus Lembaga NU dan Badan Otonom tingkat Cabang; Pengurus MWCNU, Ranting NU;

Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama dipilih sebagai sarana kaderisasi. Sudah lebih dari 3.000 Kader yang tersebar di seluruh kabupaten Cilacap. Tidak hanya di lingkungan NU tapi juga di ligkungan Badan Otonom NU. PKPNU tahun 2019 dan seterusnya akan diprioritaskan berbasis MWCNU dan Ranting NU dengan target peserta masing-masing angkatan maksimal 150 orang. Prioritas untuk pengurus NU dan kader Badan otonom yang disiapkan untuk menduduki strkuktural organisasi NU. Kaderisasi sudah menjadi bagian dari keputusan Munas/Konbes yang harus dilaksanakan. Mulai dari sekarang, MWCNU sudah bisa mnyiapkan pelaksanaan Kaderisasi.

  1. Pemanfaatan Media Website untuk Pemberitaan dan Pendokumentasian Kegiatan;

Bersama LTNNU dan LDNU, sekretariat PCNU akan megelola website https://pcnucilacap.com secara berkelanjutan. Diimbau kepada pengurus MWCNU, Ranting NU, Lembaga dan Badan otonom NU untuk mengirimkan berita kegiatan dan dokumen-dokumen informatif lainnya untuk diunggah di website. Untuk tekhnis pelaksanaan dan pngelolaannya akan diputuskan kemudian.

  1. Pembangunan, Pemeliharaan dan Perluasan Ruang Kantor Sekretariat

Gedung Sekretariat Bersama PCNU Cilacap yang diresmikan pada bulan Juli tahun 2009, sudah dirasa perlu untuk dikembangkan. Perluasan Ruang Kantor Sekretariat menjadi prioritas, termasuk pembangunan Garasi, Tempat Parkir dan Dapur. Mudah-mudahan semua tercapai di tahun 2019 ini.

  1. Pembuatan KARTANU utk PCNU, MWCNU, Ranting NU;

Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu) juga menjadi bagian dari kegiatan prioritas. Tim Kartanu Sudah dibentuk di tingkat Cabang, yang bertugas menyiapkan perangkat pengerjaan dan penerbitkan KARTANU. Diperlukan sekurang-kurangnya 2 (dua) orang per MWCNU untuk menjadi bagian dari Tim Kartanu. Platform penerbitan KARTANU berdasarkan data jumlah Pengurus PCNU, MWCNU dan Ranting NU, sebagai prioritas, sebelum penerbitan untuk Anggota NU dari unsur Badan Otonom;

  1. Pembuatan Tools & Pelaksanaan Pengukuran Kinerja Pengurus MWCNU & PRNU

Munas/Konbes 2017 mengamanatkan Pengukuran Kinerja Pengurus MWCNU & PRNU dengan beberapa indikator, di antaranya; Kelengkapan dan pengembangan struktur organisasi; Capaian pelaksanaan program yang meliputi Jumlah amaliyah usaha dan frekuensi pelaksanaan kaderisasi. Munas/Konbes membatasi Indikator sebagaimana huruf masih beum diberlakukan bagi Pengurus Cabang Istimewa, Pengurus Ranting dan Pengurus Anak Ranting. PCNU Cilacap akan menyiapkan tool nya di tahun 2019 ini

  1. Penyusunan Database Pengurus MWCNU, Ranting NU, Aset dan SDM Organisasi NU.

Penyusunan Database Pengurus NU (PCNU, MWCNU, Ranting NU, Anak Ranting NU), Database Pengurus Badan Otonom NU; Database Warga NU, Database Aset Organisasi NU, Database SDM NU berbasis profesi yang ditetapkan. Penyusunan Database berbasis Website. Sudah disiap-kan websitenya. Kelak dibutuhkan sekurang-kurangnya 3 orang per MWCNU sebagai operator/Admin, 3 orang per Ranting NU sebagai operator/Admin, 3 orang per Badan Otonom NU sebagai operator/Admin. Sebelum dilaunching, akan dilaksanakan Diklat Penyusunan Database yang diikuti para Admin

  1. Peningkatan Kapasitas Personal dan Penguatan Kelembagaan Organisasi;

Kegiatan ini bersifat berkelanjutan. Pengurus MWCNU dan Ranting NU serta Badan Otonom di tingkatannya menjadi sasaran kegiatan. Utamanya guna meningkatkan pemahaman dalam berorganisasi; memahami konektifitas NU dengan Lembaga dan Badan Otonom dan hal-hal yang bersifat tehnis-praktis dalam berorganisasi.

  1. Inisiasi Pembentukan Team Media Creative

Menyikapi tuntutan zaman, era media sosial, sekaligus sebagai kebutuhan organisasi. Team mediacreatrive ini kelak dihrapkan bisa Memprodukasi Material Media dalam berbagai bentuk; vidio pendek, film dokumenter, vlog, vidio audio, meme, dan lain-lain desain dalam berbagai media visual maupun audio. Didahului dengan pengadaan alat pendukung Team Media Creative dan Workshop Team Media Creative

  1. Kajian Aswaja Sabtu Manis

Kajian Aswaja Sabtu Manis dilaksanakan dengan Pembacaan Kitab Al Ajwibah Al Ghaliyah; Ke depan, akan diiupayakan menempuh cara Live Streaming sehingga bisa diakses masyarakat; Jika dipandang perlu, tidak hanya selapanan sekali, melainkan dalam waktu yang lebih pendek untuk jenis kajian yang sama dan atau yang berkaitan, dengan Kitab yang berbeda; Jika dipandang perlu (juga) dilaksanakan dengan cara berpindah tempat. Kajian Aswaja Sabtu Manis akan dikembangkan sebagai embrio terwujudnya Aswaja Center tingkat PCNU Cilacap;

  1. Pelaksanaan Rapat-Rapat (Pleno, Syuriyah, Tanfidziyah, Rakor

Rapat Pleno (6 bulan sekali), Rapat Pengurus Harian/Pengurus Lengkap Syuriyah, Rapat Pengurus Harian/Pengurus Lengkap Tanfidziyah, Rakor Akhir Tahun, Rakor Awal Tahun, Rakor Triwulan Bersama Lembaga, Badan Otonom dan MWCNU, Rapat-Rapat Insidental (Urgen dan Mendesak), Rapat-Rapat Vertikal (PBNU-PWNU), Rapat-Rapat Kepanitiaan

Demikian 15 Kegiatan Prioritas PCNU Cilacap Tahun 2019 yang menjadi bagian dari 10 Program Dasar PCNU Cilacap yang merupakan amanat Konfercab NU tahun 2018. Semoga bermanfaat dan menjadi pedoman pelaksanaan program secara berkelanjutan.

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 1 =