Badan Otonom NU

Upgrading dan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) IPPNU Cilacap

Apa itu Upgrading dan Rakercab? Upgrading adalah kegiatan pelatihan peningkatan mutu, pengetahuan dan ilmu berorganisasi, sedangkan Rakercab adalah Rapat pembahasan program kerja tingkat cabang sesuai fungsi dan kedudukannya, sebagaimana dilaksanakan oleh Badan Otonom NU tingkat Kabupaten/Kota, sebagaimana dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kabupaten Cilacap, Sabtu (11/09).

Kegiatan Rakercab diikuti oleh seluruh Pengurus PC IPPNU Cilacap hasil Konferensi Cabang XIV. Sebagai program pembuka bagi pengurus baru PC IPPNU Cilacap, Rakercab memiliki fungsi untuk memberikan arahan bagi para pengurus baru agar dapat mengetahui pengelolaan organisasi yang baik, serta dapat membangun semangat kepengurusan.

Fungsi Kedudukan Rakercab

Sesuai dengan namanya, fungsi dan kedudukan Rakercab adalah untuk membahas dan menetapkan program kerja dan kegiatan. Baik kegiatan yang sama sekali baru, kegiatan lanjutan dari waktu sebelumnya, maupun kegiatan yang sedang berjalan. Sebagai mekanisme permusyawaratan, Rakercab memiliki kedudukan setingkat di bawah Konfercab.

Rapat Kerja Cabang memiliki fungsi untuk mengevaluasi program yang sedang berjalan sehingga mampu untuk dibahas, diputuskan dan ditetapkan secara bersama-sama. Kegiatan Rakercab dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali selama periode, yang artinya boleh dilaksanakan lebih dari satu kali.

Rakercab kali ini merupakan Rakercab I yang dilaksanakan oleh PC IPPNU Cilacap dengan harapan mampu membawa PC IPPNU Cilacap yang senantiasa berkhidmat dengan segala loyalitas dan militansi Pengurus sehingga mampu terus tumbuh dalam Belajar, Berjuang dan Bertaqwa khususnya.

Fungsi Kedudukan Rakercab IPPNU

Kegiatan Upgrading dan Rakercab I ini terlaksanakan pada tanggal 11-12 September 2021 yang diawali dengan sambutan dari Ketua PC IPPNU Cilacap, Neni Ismiati dilanjut sambutan dari PCNU Cilacap yang diwakili oleh H Paiman Sahlan sekaligus membuka kegiatan Upgrading dan Rakercab I ini.

H Paiman Sahlan berpesan agar IPPNU senantiasa memberikan kontribusi penuh dari seluruh pengurus PC IPPNU Cilacap secara ikhlas dan senantiasa dilandasi niat berkhidmat untuk Nahdlatul Ulama.

Upgrading, Manajemen, Loyalitas dan Militansi

Setelah kegiatan dibuka secara resmi, kemudian dilanjut dengan kegiatan Sinau Bareng. Dalam kegiatan ini mendatangkan dua pemateri yang sangat luar biasa dalam bidangnya. Mereka adalah Nopita Lisonari, M. Pd. dan Hj Endang Sutarsih, SH. I.

Materi Upgrading yang pertama yakni “Manajemen dan Perilaku Organisasi” yang disampaikan oleh Nopita. Ia merupakan salah satu pembina PC IPPNU Cilacap. Materi yang disampaikan olehnya sangat jelas dan runtut.

Di sela-sela materi ini ia juga mengajak peserta untuk permainan singkat yang mana merupakan permainan yang mengarah pada suatu manajemen. Dan ditutup dengan pemutaran film edukasi yang menyatakan bahwa “Jangan pernah berhenti apabila kita terjatuh, tapi berhentilah ketika semuanya sudah selesai”.

Upgrading Pengurus IPPNU Cilacap
Peserta Upgrading Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Cilacap bertekad menjadi kader dengan loyalitas dan militansi yang unggul

“Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan melalui kerjasama antar anggota untuk mencapai tujuan bersama. Yang mana terdiri dari pelaksana, uang, cara dan bahan yang dibutuhkan dengan berpegang teguh pada fungsi manajemen tersebut (planning, organizing, actuating, controlling dan evaluation).

Materi Upgrading Pengurus IPPNU Cilacap kedua adalah tentang Loyalitas dan Militansi yang dibawakan oleh oleh Hj. Endang Sutarsih, SH.I. Loyalitas adalah kesetiaan yang terbentuk dari sebuah rasa cinta serta dibersamai dengan pengorbanan baik tenaga, pikiran, waktu dan dana. Sehingga loyalitas ini perlu kita tumbuhkan dalam suatu organisasi yang berwadah dalam IPPNU.

Sementara itu, Militansi adalah ketangguhan dalam berjuang. Tak jauh dari makna “Bersemangat”. Militansi ini diukur dengan loyalitas. Adanya loyalitas dan militansi ini perlu dinyatakan dalam suatu kualitas dan kuantitas para pelaku organisasi sehingga mampu menjadikan wadah atau organisasi IPPNU Cilacap yang terus tumbuh berkembang.

Kegiatan Upgrading Pengurus IPPNU dan Rakercab PC IPPNU Cilacap dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) pengurus, forum Rakercab I dengan keputusan yang disepakati bersama.

Semoga dengan adanya kegiatan Upgrading dan Rakercab I ini mampu membawa PC IPPNU Cilacap menjadi panutan bagi kader IPPNU di Kabupaten Cilacap yang semangat dalam Belajar, Berjuang dan Bertaqwa. Aamiin.

Penulis: Wakingah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 × 2 =

Back to top button