Badan Otonom NU
Trending

Ranting GP Ansor Sindangsari Ajak Masyarakat Giat Donor Darah

Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sindangsari Majenang gelar giat donor darah pada Minggu (22/08/2021) bertempat di Pendopo Balai Desa Sindangsari. Tidak kurang dari 52 kantong darah didapat. Darah yang terkumpul akan dikelola oleh PMI Cabang Cilacap untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selama masa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang membutuhkan donor darah sehingga permintaan darah di PMI meningkat, tetapi keadaan tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah pendonor.

Melihat keadaan tersebut sejumlah komunitas pemuda di Sindangsari Kecamatan Majenang merasa perlu untuk kembali menggiatkan donor darah.

Ketua Ranting Ansor Sindangsari, M. Ashif mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan komunitas Jumat Berbagi Majenang (JBM) dan Unit Daerah PMI Kabupaten Cilacap. Kegiatan donor darah ini rutin terlaksana tiap tiga bulan sekali.

“Atas dasar rasa kemanusiaan kami ingin membantu dengan apa yang kami bisa, salah satunya dengan menyumbangkan darah kami”, terang Ashif.

Ashif menambahkan kegiatan yang sudah berlangsung tiga kali itu mendapat apresiasi masyarakat dan antusiasme peserta semakin meningkat.

“Alhamdulilah sudah tiga kali kami melaksanakan kegiatan ini, meski di masa pandemi Covid-19 antusiasme para pendonor jumlahnya semakin meningkat”, ungkapnya kepada NU Cilacap Online.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Majenang, Syamsul Bahri yang juga ikut menjadi pendonor mengapresiasi kegiatan ini, dan mengajak kepada masyarakat terutama sahabat Ansor dan Banser untuk ikut mendonorkan darahnya, karena setetes darah kita bisa menyelamatkan nyawa saudara kita.

Bang Sem, sapaan akrab Syamsul Bahri bahkan menyampaikan bahwa setelah mendonorkan darahnya badan justru terasa lebih sehat dan bugar.

“Jadi jangan takut untuk ikut donor darah,” pungkasnya.

Artikel Tentang GP Ansor Lainnya

Senada, petugas PMI Cilacap, Soni juga menyampaikan  bahwa masyarakat tidak perlu takut untuk ikut donor darah, banyak manfaat yang bisa didapat, diantaranya darah kita akan diperbaharui sehingga kesehatan tubuh akan semakin prima” terangnya.

Kegiatan donor darah di masa pandemi Covid-19 selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sehingga untuk para calon pendonor tidak perlu khawatir.

Selain itu PMI Cilacap juga berterimakasih kepada Ranting GP Ansor Sindangsari dan seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan donor darah dan berharap kegiatan serupa dapat kembali digalakan oleh pihak-pihak lain.

Penulis: Badrus Soleh
Penyunting: Shevilla Dewi Pramudita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

14 + 8 =

Back to top button