Daerah

Pembinaan “Gagah Bencana” Diikuti Sejumlah Ormas Wanita

Termasuk Muslimat NU dan Fatayat NU Cilacap

Pembinaan Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) tingkat Kabupaten Cilacap diikuti sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) wanita, Senin (6/5/2022), di Gedung Sumekar.

Acara pembinaan Gagah Bencana oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Cilacap itu diikuti seratusan peserta dari Ormas Wanita; antara lain berasal dari TP PKK Kabupaten Cilacap, TP PKK Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap Utara, Cilacap Tengah dan Kesugihan; juga Pimpinan Cabang Muslimat NU dan Fatayat NU Cilacap

Ketua panitia penyelenggara kegiatan pembinaan Gagah Bencana Untari Muhamad Ikhlas saat dikonfirmasi NU Cilacap Online mengatakan; bahwa sejumlah organisasi wanita terundang tersebut dan mengikuti kegiatan, rata- rata mempunyai anggota yang banyak di Kabupaten Cilacap.

“Jadi, melalui organisasi wanita tersebut, untuk ke depannya mudah mengadakan sosialisasi dan pembinaan Gagah Bencana ke masyarakat terkait kebencanaan,” katanya.

Heni Setyaningsih selaku Wakil Ketua PC Fatayat NU Cilacap merespon baik program Gagah Bencana . Ia mengatakan, sebagai masyarakat di kawasan pantai selatan harus selalu waspada dan tanggap bencana. Termasuk bencana gempa bumi dan ancaman tsunami.

“Sosialisasi kepada masyarakat Cilacap tentang cara menyelamatkan diri dari ancaman bencana termasuk gempa dan sunami sangat penting. Masyarakat lebih baik jika mengetahui detail kondisi geografis lingkungannya yang sewaktu waktu terkena bencana,” katanya.

Apa itu Gagah Bencana ?

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Hj Teti Rohatingsih S Pamuji dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara mengatakan, Gagah Bencana harus terus disosialisasikan; dari mulai tingkat Kabupaten dan nanti akan berlanjut hingga tingkat Kecamatan dan Desa.

“Gagah Bencana adalah gerakan PKK dari tingkat pusat hingga desa untuk membentuk individu keluarga dan masyarakat agar mampu menolong diri sendiri dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya. Serta tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana,”  terang Teti

Teti juga menambahkan kegiatan ini merupakan program unggulan PKK Kabupaten Cilacap. Ke depan, diharapkan tiap Kecamatan membentuk piloting project Gagah Bencana. Indikatornya antara lain peduli stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), peduli kesejahteraan ibu dan anak (KIA), siaga kebakaran lingkungan, bencana alam dan peduli lingkungan.

“Ada pula pilot project Gagah Bencana menuju keluarga yang sehat berkualitas, keuangan sehat atau mewujudkan keluarga sehat pasangan usia subur,” katanya.

Kegiatan Sosialisasi Gagah Bencana dimulai dari pagi hingga sore hari dengan menghadirkan narasumber dari berbagai Instansi di Kabupaten Cilacap diantaranya : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (DINSOS) dan Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kabupaten Cilacap.

Materi yang disampaikan diantaranya ; Peran organisasi wanita dalam Gagah Bencana yang disampaikan dari PKK Kabupaten Cilacap, Megathrust dari BPBD Kabupaten Cilacap, pengelolaan dapur umum dari Dinsos Kabupaten Cilacap, Simulasi penanggulangan DAMKAR di rumah tangga dari DAMKAR Kabupaten Cilacap dan terakhir Rencana Tindak Lanjut.

Rencana Tindak Lanjut

Dalam Rencana Tindak Lanjut (RTL), agar semua warga masyarakat mengetahui dan terampil dalam menolong diri sendiri (mandiri); juga bisa berperan aktif mewujudkannya. TP PKK kabupaten Cilacap akan mengadakan pembinaan Gagah Bencana di tiga lokasi yaitu ; di ex Distrik Majenang, Distrik Sidareja dan ex Distrik Kroya pada bulan Agustus 2022.

Organisasi wanita yang mengikuti pembinaan Gagah Bencana diharapkan untuk mengadakan pembinaan organisasi bekerjasama dengan dinas instansi terkait.

TP PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan diharapkan mengadakan sosialisasi dan edukasi hasil pembinaan kepada seluruh warga masyarakat secara berjenjang melalui kelompok PKK RT, RW dan Dasa Wisma bekerjasama dengan instansi terkait.

Hadir mewakili PC Muslimat NU Cilacap Hj Khumsiatiningsih, Malichah. Smentara hadir pula dari PC Fatayat NU Cilacap Nur Mu’minah, Fathin Amamah, dan Heni Setyaningsih.

Kontributor : Fathin Amamah
Editor : Khayaturrohman

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button