Badan Otonom NU

PAC Jeruklegi Sambut Kebangkitan Ranting IPNU IPPNU Citepus

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Jeruklegi melaksanakan gerakan turun ke bawah (turba) seiring kebangkitan kader dan pelajar NU di Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU Citepus.

Turba atau turun ke bawah dilaksanakan untuk untuk menjemput calon kader-kader di tingkatan ranting yang baru bangkit. Turba PAC IPNU IPPNU Jeruklegi ke Ranting Citepus adalah yang pertama dilaksanakan di Kecamatan Jeruklegi. Gerakan turba dilaksanakan di Mushala Al-Ikhlas, Desa Citepus Kecamatan Jeruklegi pada Jumat Sore (3/9).

Pada acara turba tersebut, PAC IPNU IPPNU Jeruklegi mendelegasikan 12 orang yang terdiri dari 7 orang pengurus IPNU dan 5 orang pengurus IPPNU. Sedangkan dari Ranting IPNU IPPNU Citepus sendiri mengajukan 23 anggotanya yang terdiri dari 8 orang anggota IPNU dan 15 orang anggota IPPNU.

Kedatangan PAC IPNU IPPNU Jeruklegi disambut dengan baik oleh Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Citepus. Mereka kader pelajar NU dari Citepus yang merasa sangat termotivasi atas kerelaan PAC Jeruklegi turba ke rantingnya.

Hal ini mengingat mereka harus menempuh  perjalanan panjang  untuk sampai ke Desa Citepus. Sementara akses jalan yang dilalui cukup berat karena kondisi  jalanan kurang baik. Mereka bahkan sempat putar balik di pertengahan jalan lantaran ada perbaikan jalan.

“Sangat berkesan sekali dan termotivasi oleh anggota / kepengurusan PAC,” kata demisioner ketua PAC IPNU Jeruklegi Alif Agung.

Dalam turba tersebut, pengurus PAC mengajak kader-kader Ranting IPNU IPPNU Citepus untuk saling mengenal. Sharing-sharing antara pengurus dan anggota berlangsung interaktif. Kehadiran para pembina dari ranting Citepus tambah menghangatkan suasana yang tercipta.

Pengkaderan di ranting Citepus ini bukan yang pertama kali. Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Citepus pun beberapa kali membentuk kepengurusan baru, sebelumnya akhirnya timbul ketidakaktifan dari mereka.

Maka dari itu, pemuda Ansor di Citepus berinisiatif mengumpulkan dan menghimpun kembali pelajar-pelajar Citepus dalam wadah IPNU IPPNU. Sebagai langkah awalnya, para pelajar tersebut diikutkan jenjang pengkaderan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) di ranting Tritih Lor bulan Juni 2021.

Demisioner PAC IPNU Jeruklegi Alif Agung berharap kader-kader di Citepus terus meningkatkan kualitas berorganisasi mereka. Tak lupa ia mengimbau agar para kader tersebut senantiasa menjaga semangat.

“Saya menyadari untuk istiqomah terkadang berat, tetapi saya memaklumi bahwa proses belajar memang harus seperti itu, ungkapnya. Ya yang pasti saya berharap pada keanggotaan dan kepengurusan ranting Citepus itu semakin ke depan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitasnya,” ujar Alif Agung.

Selain itu, Alif Agung berpesan supaya tetap menjaga komunikasi antar sesama.

“Bagaimanapun ranting Citepus merupakan salah satu daerah yang cukup bersejarah bagi PAC IPNU IPPNU Jeruklegi,” imbuhnya.

Hal tersebut dituturkan karena Citepus pernah menjadi tuan rumah kegiatan jenjang pengkaderan Latian Kader Muda (LAKMUD) serta Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP). Dengan demikian, selalu ada kesan nostalgia acapkali PAC berkunjung ke sana.

Kontributor : Charisma Fatimah Azzahro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

five + one =

Back to top button