KH Maslahudin, Kiai Panggung yang Aktif Ngurusi NU

NU CILACAP ONLINE – KH Maslahudin Jaelani termasuk salah satu Muballigh yang dalam dakwahnya mampu menembus lintas segmen audiens, dan dari sekian aktifitas KH Maslahudin yang termasuk istimewa adalah masuk kategori Kiai Panggung yang aktif (ngurusi) NU, sebagai pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap.

Dalam struktur PCNU Cilacap nama beliau selalu masuk dalam daftar kepengurusan. Lebih dari satu kali menjabat wakil ketua PCNU bahkan sempat menjadi ketua sebagai pengganti antar waktu.

Jabatan terkini adalah beliau termasuk Wakil Rais Syuriyah PCNU Cilacap bersama beberapa Kiai lain mendampingi KH Su’ada Adzkia selaku Rais Syuriyah pada kepengurusan masa khidmat 2018 – 2023.

Muballigh dengan Joke Bernas

Di panggung KH Maslahudin atau akrab dengan sapaan Kiai Maslah, adalah figur yang piawai membuat audien membuka mulut mereka untuk tertawa menikmati joke-joke spontan yang tetap bernas.

Kemampuan beliau dalam menyajikan “canda-selingan” di tengah pesan-pesan keagamaan membuat ceramahnya enak di nikmati. Menjadi maklum ketika angka-angka di kalender beliau dipenuhi daftar lokasi ceramah yang mesti beliau hadiri.

Di jagad virtual dan media sosial KH Maslahudin muballigh asal Kawunganten Cilacap juga tidak ketinggalan. Live rutin kerap beliau lakukan melalui akun facebooknya. KH Maslahudin juga memanfaatkan layanan Instagram dan Twitter untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan melalui tweet-nya.

Menjadi Pengurus NU

Katib Syuriyah PCNU Cilacap Kiai Abdal Malik berpendapat KH Maslahudin aktif ngurusi NU karena faktanya beliau bersungguh-sungguh dalam menjalani peran sebagai pengurus NU.

Di tengah kesibukannya manggung mengisi tausiyah beliau selalu berusaha mengikuti kegiatan-kegiatan di PCNU. Fasilitas teknologi beliau manfaatkan juga sebagai sarana untuk selalu aktif dalam kepengurusan.

“Kalau Simbah Kiiai Su’ada sudah rawuh dan sudah separoh lebih yg hadir. dimulai saja”. Dan kalimat “Kiai, dimulai saja, saya 15 menit lagi nyampai,” ungkap Kiai Abdal Malik menirukan pesan KH maslahudin.

Penggalan pesan di atas adalah dua contoh pesan Whatsapp yang pernah diterima Kii Abdal malik dari Kiai Maslahudin untuk dua kegiatan yang berbeda.

“Itu hanya contoh dari sekian banyak bukti keaktifan beliau di kepengurusan PCNU Cilacap. Belum lagi soal peran dan kontribusinya bagi kemajuan PCNU Cilacap,” tegas Kiai Abdal Malik.

Pengalaman beliau sebagai kiai yang dulu pernah menimba ilmu di Makkah dimanfaatkan untuk membesarkan KBIHUNU. Satu layanan PCNU Cilacap di bidang ibadah haji.

Faktanya sampai hari ini KBIHUNU Cilacap makin dipercaya oleh warga NU sebagai penyedia layanan ibadah haji serta dianggap penting untuk diikuti oleh para calon jamaah haji.

Muktamar ke-34 NU di Lampung

Di kancah nasional beliau juga turut hadir dalam Muktamar Lampung sebagai muktamar terakhir di abad pertama usia Nahdlatul Ulama.

“Bersama saya dan KH Nasrulloh, ketua PCNU Cilacap, kami bertiga hadir sebagai utusan PCNU Cilacap karena memang muktamar dalam masa COVID-19 itu membatasi peserta hanya tiga orang tiap cabang,” kenang Kiai Abdal Malik

Ada cerita lucu di muktamar ke-34 NU di lampung itu. Saat itu, ungkap Kiai Abdal Malik, Kami sedang duduk-duduk di sekitar lokasi pembukaan. Tidak berapa lama datanglah seorang perempuan pedagang empek-empek menawarkan dagangannya kepada kami.

KH Maslahidin Pengurus NU Cilacap
KH Masalhudin (Jas Hijau) di Forum Muktamar ke-34 NU di Lampung

Obrolan pun terjadi, lanjut di tengah obrolan itu spontan pedagang tersebut bertanya kepada kami:

“Ini yang hadir sudah banyak banget, Pak Muktamar sudah datang apa belum, ya?”.

Kami pun tertawa lepas,tak mampu kami menahan tawa. Dan Kiai Maslah dengan santainya menjawab:

“Ya, Saya ini Pak Muktamar”, sambil menimpalinya dengan penjelasan, “Maksudnya. Saya, ya termasuk peserta muktamar”.

Maka muncullah nama baru di rombongan kami hingga kadang kami memanggil Kiai Maslah dengan sebutan Pak Muktamar.

Bukti Nyata Ngurusi NU

KH Maslahudin, Wakil Rais Syuriyah PCNU Cilacap Wafat di Makkah, pada Selasa (20 /6/2023) di Rumah Sakit An Nur Arab Saudi.

Beliau menghadap Gusti Allãh di tengah tugas mulianya menjadi pembimbing jamaah KBIHUNU Cilacap sebagai fakta yang sangat jelas bahwa beliau adalah salah satu kiai yang mengabdikan diri di Nahdlatul Ulama (NU) hingga akhir hayat.

Baca juga KH Maslahudin Syukur, Ulama Ahli Ilmu Falak dari Cilacap

KH Maslahudin wafat dalam peran yang sangat mulia, di saat yang istimewa serta di tempat yang agung nan mulia. ” Innalillahi Wa Inna Ilaihi raji’un.

اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه
له الفاتحة

Selamat jalan Kiai Maslahudin. Mbah Hasyim Asy’ari dan para muassis NU sudah menunggu di surga. Bahagadalah bersama mereka untuk menemui Rasūlullah SAW dan  Allah SWT (Kiai Abdal Malik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button