Kiai Abdal Malik: Pesantren dan Madrasah Memperkuat Kebangsaan

NU CILACAP ONLINE – Kiai Abdal Malik, Katib Syuriyah PCNU Cilacap mengatakan madrasah dan pondok pesantren memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan memperkuat identitas kebangsaan, karena selain menyediakan pendidikan agama, juga memberikan pengajaran tentang sejarah dan budaya lokal.

Hal itu disampaikan Kiai Abdal Malik saat menjadi narasumber dalam kegiatan Forum Diskusi Aktual yang membahas peningkatan wawasan kebangsaan dan merawat jagad melalui penguatan fasilitas penyelenggaraan berbasis madrasah dan pondok pesantren di Jawa Tengah.

Acara ini diselenggarakan di Gedung Sekber Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cimanggu, Jumat (10/2/2023). Dalam forum diskusi tersebut, Kiai Abdal Malik menyampaikan tentang pentingnya upaya timbal balik penguatan pesantren dan madrasah hubungannya dengan penguatan kebangsaan.

“Dengan melihat peran madrasah dan pesantren selama ini dalam menguatkan kebangsaan, maka penguatan fasilitas penyelenggaraan berbasis madrasah dan pondok pesantren dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan merawat jagad menjadi mutlak diperlukan,” ungkap Kiai Abdal Malik.

Kiai Abdal Malik mengajak mengajak semua pihak untuk terlibat dalam memperkuat fasilitas penyelenggaraan madrasah dan pondok pesantren, baik dari segi sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia.

“Keterlibatan semaacm ini diharapkan dapat membantu menciptakan generasi yang lebih kuat dan berakhlak mulia, serta dapat merawat jagad dengan baik,” ajaknya.

Penguatan Peran Madrasah

Forum diskusi ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara berbagai kalangan dan membangun kesepahaman bersama mengenai pentingnya peran madrasah dan pondok pesantren dalam memperkuat kebangsaan dan merawat jagad.

Lebih lanjut, Kiai Abdal Malik juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga dan memperkuat fasilitas penyelenggaraan berbasis madrasah dan pondok pesantren.

“Hal ini dapat diwujudkan melalui program-program yang mengakomodasi kebutuhan dan harapan masyarakat, serta memastikan ketersediaan dana yang memadai untuk pengembangan fasilitas,” terangnya.

Forum diskusi dihadiri oleh sejumlah peserta dari berbagai kalangan, termasuk para ulama, tokoh agama, dan pejabat pemerintahan setempat. Juga diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari para pengajar dan santri dari madrasah dan pondok pesantren di Jawa Tengah. Selain itu, hadir pula sejumlah tokoh masyarakat, para ulama, dan pengurus MWCNU Cimanggu.

Kiai Abdal Malik

Peran Pesantren

Para peserta forum diskusi juga diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas tentang peran madrasah dan pondok pesantren. Utamanya dalam membentuk karakter dan identitas kebangsaan, serta meningkatkan wawasan keagamaan dan kultural yang dapat merawat jagad dengan baik.

Sebagai Katib Syuriyah PCNU Cilacap, Kiai Abdal Malik mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi narasumber dalam forum diskusi yang bermanfaat ini.

“Kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk memperkuat peran madrasah dan pondok pesantren dalam membangun bangsa yang kuat dan berakhlak mulia,” harap Kiai Abdal Malik yang juga Alumni POndok Peantren Sarang Rembang..

Selain itu hadir nara sumber lain yaitu Inna Hadianala, SE Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dan H. Aid Mustaqim, S.Ag.M.Ag Kasi Pendidikan Madrasah Kan Kemenag Cilacap.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta, yang berlangsung dengan sangat interaktif dan penuh antusiasme. Semua pihak berharap agar forum diskusi ini dapat menjadi langkah awal memperkuat fasilitas penyelenggaraan madrasah dan pondok pesantren di Jawa Tengah. (Budi Ariwibowo/MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button