Workshop Kebendaharaan Tingkatkan Manajemen Keuangan

NU CILACAP ONLINE – Dalam rangka peningkatan Manajemen Pengelolaan Keuangan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap menggelar Workshop Kebendaharaan “Penyusunan SOP Keuangan” pada hari Selasa (1/8) 2023 di Aula Pusdiklat PCNU Cilacap.

Kegiatan ini melibatkan seluruh bendahara di seluruh tingkatan baik di tingkatan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), Badan Otonom, Lembaga dan Unit Pengelola Zakat Infaq Shodaqoh (UPZIS) se-Kabupaten Cilacap.

H Paiman Sahlan Wakil Ketua PCNU Cilacap membuka kegiatan kali ini. Ia menyampaikan bahwa salah satu unsur terpenting bagi setiap organisasi adalah tentang manajemen pengelolaan keuangan.

Baca juga Bimtek SIPNU: Untuk Merekam Pergerakan NU Yang Terintegrasi

“Manajemen Keuangan adalah salah satu poin penting bagi setiap organisasi. Untuk itu kami berharap agar kegiatan workshop ini menjadi salah satu pelajaran dalam mengelola organisasi dengan tepat terutama dalam pengelolaan keuangannya,” ucapnya.

Khazam Bisri Sekretaris PCNU Cilacap menyampaikan materi penguatan keorganisasian. Ia menegaskan bahwa salah satu supporting hidupnya sebuah organisasi adalah keuangan.

“Organisasi akan hidup ketika keuangannya juga berjalan dengan lancar, maka harus tepat dalam pengelolaannya,” tegasnya.

H Yusro Wakil Bendahara PCNU Cilacap menyampaikan kepada NU Cilacap Online bahwa tujuan pelaksanaan workshop kebendaharaan adalah untuk memberikan pembekalan bagi seluruh bendahara di semua tingkatan.

“Kegiatan ini juga menjadi salah satu persiapan kepengurusan periode selanjutnya sekaligus persiapan dalam penggunaan aplikasi digital yang bernama “AIBA”,” ucapnya.

Baca juga Workshop Sekretaris MWCNU Tingkatkan Kualitas Administrasi

Apa itu AIBA?

Aplikasi Administrasi Inventaris Barang dan Aset (AIBA) merupakan salah satu aplikasi terobosan yang PCNU Cilacap. Di di dalamnya akan memuat berbagai laporan administrasi, laporan Inventaris Barang dan Aset maupun laporan keuangan dan lain sebagainya.

Aplikasi ini akan difungsikan untuk seluruh Ranting maupun MWCNU menggunakan satu pintu dalam pengelolaan. Ini merupakan system keterbukaan dalam manajemen pengelolaan.

Rencananya, PCNU Cilacap akan menyelenggarakan tindaklanjut yang lebih khusus yakni ada 12 titik pelaksanaan dibulan agustus. Ada tiga materi khusus yaitu tentang kebendaharaan, kesyuriyahan dan kesekretariatan.

Hadir dalam acara Wakil Katib Syuriyah PCNU Cilacap KH Abdul Ghofir, Wakil Ketua PCNU Cilacap H Paiman Sahlan, Wakil Bendahara PCNU Cilacap H Yusro, Sekretaris PCNU Cilacap Khazam Bisri, Bendahara MWCNU Se-Cilacap, Bendahara Badan Otonom se-Cilacap, Bendahara Lembaga se-Cilacap serta Bendahara UPZIS Se-Cilacap.

Baca juga Workshop Penguatan Kesekretariatan dan Kontributor NUCOM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button