MWCNU

Pelantikan Massal 15 Ranting NU Se MWCNU Adipala

Pelantikan massal 15 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Masa Khidmat 2022-2027 se Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Adipala, Cilacap, sukses digelar di halaman Gedung Sekretariat Bersama MWCNU Adipala, Ahad (22/05/2022).

Ketua Panitia Pelantikan Massal 15 Ranting NU Se MWCNU Adipala Kiai Iwan Agus Setiawan S.Ag dalam sambutannya menyampaikan proses pelantikan massal melalui beberapa tahapan. Didahului dengan pelaksanaan Musyawarah Ranting (Musran) NU secara serempak selama bulan Maret 2022.

“Tahapan Musran secara maraton hanya sepekan terhitung mulai tanggal 21 – 28 Maret 2022 untuk 15 Ranting NU Se MWCNU Adipala, dan ke-15 Ranting NU sukses menggelar Musran. Kemudian secara serempak diajukan Surat Keputusan (SK) ke PCNU Cilacap. Alhamdulillah SK sudah turun, dan hari ini, pelantikan massal 15 Ranting NU Se MWCNU Adipala terlaksana,” katanya.

Hasta Pora Satoryon Banser Adipala

Prosesi pelantikan massal 15 Ranting NU Se MWCNU Adipala didahului dengan derap tim Hasta Pora dari Satkoryon Banser Adipala membentuk alur barisan terlantik menuju panggung acara untuk menempatkan diri.

Pengurus Ranting NU se-MWCNU Adipala yang dilantik terdiri dari 15 Ranting, yaitu Ranting NU Pedasong, Glempangpasir, Welahan Wetan, Karangbenda, Adireja Wetan, Adiraja, Adireja Kulon, Karanganyar, Bunton, Wlahar, Kalikudi, Doplang, Gombolharjo, Penggalang, dan Ranting NU Karangsari.

Ranting NU Terorganisir

Drs KH Nasrullah Muchson MH (Gus Nas) Ketua PCNU Cilacap hadir secara langsung untuk melantik. Dalam sambutannya, Gus Nas –sapaan Ketua PCNU Cilacap– menyampaikan bahwa MWCNU Adipala persis dengan MWCNU Kesugihan yang memiliki ada 16 Pengurus Ranting NU. Gus Nas berharap, kedepannya seluruh Pengurus Ranting NU di Adipala siap untuk berlomba meningkatkan kualitas berjam’iyyah di Nahdlatul Ulama.

“Ngurus NU itu seperti ngurus negara. Performa WMCNU dilihat ibarat Kecamatan yang mebawahi desa dan kepala desa. Demikian juga MWCNU, membawahi Ranting NU, di mana para Ketuanya ibarat Lurah atau Kepala Desa,” ungkap Gus Nas

Kepada para Ketua dan Pengurus Ranting NU, Gus Nas mengingatkan; jika kepengurusan Ranting NU di desa-desa bisa terorganisir dengan baik, maka bisa bersinergi dengan pemerintah desa, juga pemerintah di tingkat Kecamatan.

Gus Nas PCNU Cilacap

Drs KH Nasrullah Muchson MH (Gus Nas) Ketua PCNU Cilacap hadir secara langsung untuk melantik 15 Ranting NU se MWCNU Adipala.

“NU sekarang berbeda; tidak cuma berkumpul, pengajian, tahlilan. Tapi NU dalam mengelola organisasi harus dengan berbagai terobosan dari segi sosial budaya, ekonomi dan lainnya. Ke  depannya, NU harus lebih maju dan semakin jaya; semakin bermanfaat untuk warga Nahdliyin dan masyarakat pada umumnya,” tegas Gus Nas

Dua Amanah NU

Sementara itu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama  (PWNU) Jawa Tengah  KH DR M Arja Imroni M.A.g.; dalam taushiyahnya menyampaikan bahwa NU memiliki dua amanah, yaitu Al-Amanah Addiniyah dan Al-Amanah Al-Wathaniyah.

“Al-Amanah Addiniyah berarti menjaga dan meneruskan mengamalkan Islam Ahlussunnah  Wal Jamaah Annahdliyah. Dalam membela Islam dan mendakwahkan ajaran Islam harus menampilkan wajah islam yang sejuk, damai dan mulia,” katanya

Nahdlatul Ulama (NU) berpedoman kepada Al- Qur’an, As-Sunnah, Al-Ijma’, dan Al-Qiyas. Menurut Dr Arja Imroni, Kita sebagai orang NU sudah berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-Sunah (Hadits).

“Kita sudah ada dalam jalan yang tepat. Sebagai Ashabul Haq, kita sudah ada bersama Al Qur’an dan Hadits. Sehingga kita tidak perlu ikut-ikutan kelompok Islam yang mengajak dengan jargon kembali Al-Qur’an dan Hadits,” tegasnya

Amanah yang kedua adalah Al-Amanah Wathaniyah. Menurut Dr Arja Imroni amanah NU ini tidak lain adalah menjaga Keutuhan NKRI demi lestarinya bangsa Indonesia. Termasuk Al-Amanah Wathaniyah adalah mempertahankan NKRI dari gangguan ormas-ormas Islam yang ingin merubah ideologi Pancasila menjadi khilafah.

Pelaksanaan Pelantikan Massal 15 Ranting NU Se MWCNU Adipala dibarengi dengan Halal Bihalal keluarga Besar MWCNU Adipala dan Walimatussafar Lilhajji Tahun 2022.

Hadir pada kesempatan itu Camat Adipala Drs Teguh Prastowo, M.Si beserta unsur Forkompimcam, Wakil Sekretaris PCNU Cilacap H Munawar A.M S.Ag. Rais Syuriyah MWCNU Adipala KH Sahal Ghozali BA, Ketua MWCNU Adipala H.M. Yakup Karmawan Beserta Jajaran Pengurus MWCNU Adipala, Ketua Ranting NU Se-Distrik Kroya dan Seluruh perwakilan Banom NU Se-Adipala, jjuga tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Khayaturrohman)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button