Badan Otonom NU

IPNU IPPNU Kesugihan Gelar Pelatihan Public Speaking & MC

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Kesugihan Cilacap mengadakan acara pelatihan Public Speaking dan Master Of Ceremony (MC) di Gedung PCNU Cilacap, Ahad (04-04/21).

Kepada NU Cilacap Online, Ketua panitia Ahmad Abdulah Zarkasyi menyampaikan bahwa dari 16 ranting di Kecamatan Kesugihan dan setiap rantingnya itu mendelegasikan 4 peserta. 2 perwakilan dari IPNU dan 2 IPPNU.

“Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta dari PR IPNU-IPPNU se-Kecamatan Kesugihan. Bahkan PAC IPNU IPPNU Kesugihan juga mendelegasikan anggotanya yakni dari Departemen Organisasi dan Kaderisasi”, ungkapnya.

Rangkaian acara tersebut diselenggarakan dengan metode tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Walaupun dalam masa pandemi ini, PAC tetap melaksanakan kegiatan pelatihan dan berkomunikasi dengan sesama pengurus PAC dan Pengurus Ranting”, ungkapya.

Kegiatan pelatihan Public speaking dan Master of Ceremony ini mengangkat tema “Menumbuhkan Percaya Diri Demi Terwujudnya Eksistensi Pelajar Kesugihan”.

publik speaking
pelatihan public speaking PAC IPNU IPPNU Kesugihan sebagai upaya untuk melatih kemampuan kader berbicara di depan orang banyak

Ketua PAC IPNU Kesugihan M Zecky Arrohman berharap agar Public Speaking dan Pelatihan Master Of Ceremony (MC) ini bisa melatih kader IPNU PPNU agar tidak nervous saat tampil di depan orang banyak.

Baca Juga : Lakmud IPNU IPPNU Tingkatkan Skill Organisasi

“Public Speaking ini sangat perlu untuk dipelajari. Karena akan menjadi salah satu bekal masa depan pelajar NU dalam meneruskan perjuangan Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah. Tentunya dengan bekal dasar ideologi ke-NU-an yang kuat pula,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zecky menerangkan bahwa tujuan dari acara ini yaitu untuk meningkatkan kecakapan berbicara di depan khalayak umum. Sejalan dengan itu, dirinya sebagai Ketua PAC IPNU Kesugihan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Meskipun Training Public Speaking sudah lumrah dilakukan diberbagai organisasi, tetapi PAC IPNU-IPPNU Kesugihan Cilacap merasa sangat perlu melaksanakan untuk menjaga kualitas kadernya. Utamanya dalam hal berbicara di hadapan public”, katanya.

Senada dengan pernyataan Zecky, ketua PAC IPPNU Kesugihan Hidayaty Musawwah mengungkapkan “Saat ini masih banyak generasi kita yang merasa grogi ketika berbicara di depan umum, maka dari itu acara ini penting untuk kita ikuti bersama, Termasuk juga cara-cara agar seseorang mampu melafalkan kalimat serta kata secara lancar dan memukau tanpa ragu-ragu.”

Pada kesempatan kali ini, peserta dikelompokan ke dalam tujuh bagian tim. Fungsinya agar peserta bisa saling berdiskusi dan menjalin keakraban. “Dengan begitu diharapkan materi akan bisa dipahami dengan baik,” pungkasnya.

Kontributor : Indra Prastya

Penyunting : Naeli Rokhmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − eight =

Back to top button