Badan Otonom NU
Trending

Bakti Sosial IPNU IPPNU Pekuncen, Bangun Jiwa Humanis Kader

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PR IPNU IPPNU) Pekuncen, Kroya menyelenggarakan bakti sosial, yang merupakan rangkaian acara Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), yang berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (21-22/08/2021) di TPQ dan Mushala Al-Falah Pekuncen. 

Dengan tema “Toleransi Dalam Perbedaan, Bersatu Dalam Ikatan, Terciptanya Kader di Era Milenial dan Berjiwa Humanisme”, besar harapan melalui bakti sosial ini, calon kader Ranting IPNU IPPNU Pekuncen dapat menumbuhkan rasa toleransi dan pribadi yang humanis. 

Ketua IPNU Ranting Pekuncen, Ma’ruf Syahroni mengatakan Mushala Al-Falah sebagai tempat kegiatan Makesta IPNU IPPNU Pekuncen merupakan wilayah yang memiliki potensi besar. Berpotensi sebagai tempat bersosialisasi para kader, karena berdekatan dengan desa lain (Pesanggrahan). 

“Kami melihat bahwa Mushala Al-Falah memiliki potensi besar, kita cukup mengetahui adanya kolaborasi dengan Desa Pesanggarahan mampu mempermudah dalam melaksanakan kegiatan kaderisasi.”

Mushala Al-Falah, terletak di RT 1 RW 1 Desa Pekuncen, berbatasan langsung dengan Desa Pesanggrahan.

Sebanyak 59 anggota IPNU dan IPPNU Pekuncen mengumpulkan donasi untuk kegiatan bakti sosial. Setiap paket terdiri dari mie instan, telur, dan beras 1 kg yang berjumlah 40 paket. Tentunya jumlah paket tersebut mengacu terhadap kondisi wilayah tersebut. 

Bakti sosial ini memiliki tujuan secara umum dan khusus. Secara umum, anggota IPNU dan IPPNU Desa Pekuncen turut serta berpartisipasi membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kepada NU Cilacap Oline, koordinator kegiatan Diki Prabowo menegaskan, Anggota IPNU dan IPPNU Desa Pekuncen wajib bersosialisasi dengan masyarakat, apapun kondisinya. Karena melalui sosialisasi, para anggota akan mengenal dirinya sendiri.

“Maka dari itu, sebagai langkah awal dalam berkhidmat di NU kami melatih anggota baru dalam kegiatan baksos ini,” ungkap Diki.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, semoga dapat membangkitkan semangat peserta untuk senantiasa menghargai perbedaan dan tetap solid seperti ikatan. Sebab, dalam berorganisasi harus selalu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah-ubah.

Makesta IPNU dan IPPNU Pekuncen Kroya
Prosesi Pengukuhan Peserta Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) IPNU dan IPPNU Pekuncen Kroya

Di kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Kroya, Farhan Saputro menjelaskan dengan adanya baksos di dalam kegiatan Makesta merupakan jawaban bagi kader IPNU dan IPPNU Desa Pekuncen mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. 

“Kami sangat menantikan adanya Makesta di saat-saat seperti ini. Namun, dengan bakti sosial yang telah direncanakan membuat penantian kita tidak sia-sia. Lebih dari itu, peserta akan lebih siap menjadi kader yang handal dan humanis”, pungkasnya. 

Penulis : Zidni Choiron Nafi
Penyunting : Shevilla Dewi Pramudita

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button