Latih Kepemimpinan, IPNU IPPNU Karangrena Outbound

NU CILACAP ONLINE – Bertemakan melatih kepemimpinan dan kekompakan dalam berorganisasi, anggota IPNU IPPNU Ranting Karangrena Maos Cilacap menyelenggarakan kegiatan outbound atau Mancakrida di kawasan Warung Pinggir Kali (WPK) Desa Bunton, Kecamatan Adipala, pada hari Kamis, (30/12) .

Ditemui secara terpisah, Ketua IPNU Karangrena, Fajar Ahmad mengatakan inisisasi Outbound dilakukan IPNU IPPNU guna merekatkan kerjasama antar anggota di dalam setiap kegiatan Outbound.

“Selain kerjasama, anggota IPNU IPPNU juga dilatih kepemimpinan serta bagaimana membuat kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri, organisasi, maupun masyarakat luas”. Katanya.

Selain itu kegiatan Outbound yang diselenggarakan IPNU IPPNU di dalamnya juga terdapat permainan (Games) bagi anggota untuk melatih kerjasama; bersih lingkungan sekitar WPK sebagai bentuk peduli lingkungan; dan pembinaan wawasan kepemimpinan dari pimpinan GP Ansor Karangrena guna penguatan organisasi IPNU dan IPPNU.

Muhammad Wahyudi, ketua Ranting GP Ansor Karangrena yang hadir sebagai pembicara di kegiatan outboud IPNU IPPNU mengungkapkan; bahwa kerjasama dalam organisasi sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi.

 

Sinergi Antar Banom NU

“Melibatkan GP Ansor di acara IPNU IPPNU itu sebuah langkah baik bangun kerja sama serta sinergitas sesama banom NU,” ungkap Wahyudi

Oleh sebab itu, Wahyudi mengapresiasi kegiatan Outbound yang di inisiasi IPNU IPPNU sebagai bentuk melatih kerjasama. Bukan hanya untuk IPNU IPPNU sendiri tetati juga antar Banom di lingkungan Nahdlatul Ulama.

Dia juga berharap, kegiatan-kegiatan lain yang nantinya akan diselengarakan oleh seluruh Banom NU muaranya adalah bekhidmat pada rumah besar Nahdlatul Ulama. Juga kontribusi pengabdian NU pada masyarakat termasuk kegiatan Outbound IPNU IPPNU Karangrena.

Salah satu peserta Outbound, Uswatun Khasanah mengakui bangga terlibat dalam acara tersebut. Sebab selain untuk meningkatkan pengetahuan, Outbound juga untuk mempererat silaturahmi antar sesama anggota baik IPNU dan IPPNU.

“Iya, acara Outbound IPNU IPPNU ini sangat bagus dan memberi pengetahuan serta melatih kekompakan. Jadi yang sebelumnya belum kenal dekat, adanya acara ini saling mendekatkan satu sama lain,” ujar Uswatun

Seperti diketahui “Outbound” atau biasa dikenal dengan sebutan Mancakrida adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan unik dan sederhana. Outbond sendiri sangat efektif sebagai bentuk kegiatan sebuah anggota organisasi.

Karena tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung praktik diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan, serta sikap proaktif dan komunikatif di berbagai program kegaiatannya.

Kontributor: Toto Priyono
Editor: Munawar AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button