Gus Ubed: Pemegang Wakaf Harus Amanah

Pemegang benda wakaf harus benar-benar amanah, karena di dalam benda wakaf, tersimpan tanggungjawab dunia dan akhirat. Pahala wakaf akan terus mengalir bagi pewakif selama benda wakaf tersebut dimanfaatdan dan didayagunakan.

Demikian dinyatakan oleh KH. Ubaidulloh Shodaqoh (Gus Ubed), dalam mauidhoh hasanahnya saat pelaksanaan serah terima dan peresmian Masjid Nur Tjokro Siwojo PCNU Cilacap, di komplek Gedung Sekretariat Bersama dan Pusdiklat PCNU Cilacap, Senin (3/12).

Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah tersebut mewanti-wanti agar PCNU Cilacap sebagai penerima wakaf dalam benuk bangunan Masjid agar benar-benar dijaga dan dipelihara.

“Dijaga secara fisik dan dipelihara dengan cara memakmurkan Masjid. Ini sudah bagian dari perintah Al Qur’an, oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk menjaga dan memelihara,”kata Gus Ubed

Hadir dalam serah terima dan peresmian Masjid Nur Tjokro Siwojo PCNU Cilacap antara lain, Bupati Cilacap, Kapolres Cilacap, Dandim 0730 Cilacap, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap dan jajaran Forkompimda Kabuaten Cilacap ainnya.

KH. Suada Adzkiya, Rais Syuriyah PCNU Cilacap bersama perwakilan dari keluarga pewakif, menandatangani Berita Acara Serah Terima Masjid, disaksikan oleh Bupati Cilacap, keluarga RM.A.A. Tjokrosiwojo. Sementara itu,  prasasti peresmian ditandatangani oleh KH. Ubaidulloh Shodaqoh.

Dalam sambutannya, Ketua PCNU Cilacap Drs. KH. Nasrulloh Muchson menyatakan, PCNU Cilacap sudah merencakan untuk memakmurkan Masjid yang menjadi aset wakaf ini dengan beberapa kegiatan, di antaranya; Shalat Berjamaah 5 Waktu, pelaksanaan Shalat Jum’at, pelaksanaan Shalat Idul Fitri dan Idhul Adha, pelaksanaan Manasik Umroh, kegiatan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIHNU), Kajian Rutin Keislaman, Bahtsul Masail (Pembahasan tentang berbagai masalah agama dan kemasyarakatan), Ruang perpustakaan Kitab-kitab kuning, kegiatan-kegiatan pendidikan dan keagamaan yang terkait, baik oleh PCNU, Lembaga maupun Badan Otonom NU.

Pelaksanaan serah terima dan peresmian Masjid Nur Tjokro Siwojo PCNU Cilacap ditutup dengan bacaan Doa oleh KH. Zaini Ilyas, Ulama sepuh dari Rawalo Banyumas.

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 7 =