902 Jamaah KBIHUNU Cilacap, Terbanyak Sepanjang Sejarah

NU CILACAP ONLINE – Sebanyak 902 Jamaah calon haji tahun 1445 H / 2024 M bergabung ke KBIHUNU Cilacap. Dan ini raihan jamaah bimbingan ibadah haji terbanyak sepanjang sejarah KBIHNU Cilacap. Sebelumnya, pada musim haji tahun 2019, KBIHUNU Cilacap meraih sebanyak 821 jamaah.

Dari 902 Jamaah calon haji tahun 1445 H / 2024 M, KBIHUNU Cilacap menetapkan setidaknya menjadi 24 Rombongan dan 92 regu. Masing-masing dalam kendali Ketua Rombongan (karom) dan Ketua Regu (Karu). Baca Peran Mulia Karu dan Karom Dalam Ibadah Haji 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap memang memiliki konsentrasi layanan bidang keagamaan berupa bimbingan ibadah calon jamaah haji. Khususnya bagi masyarakat muslim di Kabupaten Cilacap yang mayoritas warga NU.

Misi PCNU Cilacap dalam layanan bimbingan ibadah calon jamaah haji antara lain berlaku dan lestarinya ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah dalam ibadah haji. Para calon jamaah haji dibekali dan dibimbing dengan serangkaian pemahaman ibadah haji sesuai dengan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah.

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Nahdlatul Ulama (KBIHNU) Cilacap resmi berdiri pada tahun 2002. Waktu itu dengan ketetapan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor: WK/4.a/Hj.02/1314/2002.

Artinya, KBIHNU Cilacap berdiri, ada, eksis dan berkembang sesuai dengan dan taat pada peraturan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama. Keberadaan KBIHNU Cilacap, atau sekarang berganti nama dengan KBIHUNU Cilacap, sah secara hukum.

Bimbingan Ibadah Haji NU Cilacap

Perolehan sebanyak 902 jamaah calon haji dalam bimbingan KBIHUNU Cilacap tahun 2024 ini terhitung menjadi raihan terbanyak sepanjang sejarah. Ya, setidaknya sejak awal tahun 2002-an, saat untuk pertama kalinya KBIHUNU terintis dan berdiri.

Sepanjang sejarah bimbingan sejak 22 tahun lebih yang lalu, KBIHUNU terus berproses menjadi kelompok bimbingan ibadah haji yang semakin terpercaya. Baik oleh masyarakat penerima layanan, maupun dari pihak pemerintah.

Dalam Khutbah Iftitah Konfercab NU Cilacap tahun 2024 yang baru lalu, Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Suada Adzkiya tegas menyatakan; bahwa misi NU Cilacap antara lain meningkatkan kualitas keberagamaan umat.

Meningkatkan kualitas keberagamaan umat Islam di Kabupaten Cilacap, merupakan bagian dari khidmat NU. Menurut KH Suada, upaya formal NU cabang Cilacap adalah bimbingan ibadah haji lewat Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh.

Misi NU Cilacap melalui dan lewat aktifitas bimbingan ibadah haji menjadi nilai plus, kebanggan sekaligus spirit tersendiri bagi keluarga besar NU di Cilacap. Betapa tidak, perolehan 902 Jamaah KBIHUNU Cilacap itu dari total kuota 1315 jamaah se kabupaten Cilacap. Dan itu terbagi ke dalam 2 kloter lebih.

Dalam 5 tahun terakhir, perolehan jamaah calon haji KBIHUNU Cilacap masing-masing; 2018 ada 518 jamaah, tahun 2019 sejumlah 821 jamaah, tahun 2022 sebanyak 247 jamaah. Di tahun 2023 sebanyak 713 jamaah haji.

Bersama dengan jamaah calon haji dari Organisasi Keagamaan lainnya di Kabupaten Cilacap, 902 Jamaah KBIHUNU Cilacap sudah siap untuk berangkat ke tanah suci.

Redaksi NU Cilacap Online turut mendoakan;

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta; Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kamu berada.

Baca juga Dari KBIHNU ke KBIHUNU: Bimbingan Haji – Umrah NU Cilacap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button