Kepengurusan Lembaga NU Diputuskan dalam Rapat Syuriyah Tanfidziyah

NU CILACAP ONLINE – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Masa Khidmat 2024-2029 memutuskan menyusun kepengurusan Lembaga NU dalam Rapat Gabungan Harian Syuriyah Tanfidziyah, Ahad, 26 Mei 2024 di Aula Pusdiklat PCNU Cilacap.

Sebelumnya, Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Su’ada Adzkiya mengharapkan kepengurusan lembaga tingkat cabang agar segera terselesaikan. Dan itu harus mengacu pada Peraturan Perkumpulan NU yang mengatur tentang hal itu.

Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap Dr H Imam Tobroni, S.Ag., MM. mengaku bahwa Rais Syuriyah KH Suada Adzkiya memang sudah mengamanatkan sebelum Rapat Gabungan.

Baca juga 6 Jenis Rapat di Lingkungan Organisasi Nahdlatul Ulama (NU)

“Segera selesaikan penyusunan kepengurusan lembaga NU. Agar tidak menghambat pelaksanaan program kerja dan kegiatan,” ujar H Imam Tobroni menirukan dawuh Rais Syuriyah.

H Imam Tobroni menegaskan, fokus penyusunan kepengurusan dalam rapat gabungan tersebut untuk calon Ketua Lembaga NU Cilacap.

“Sesuai amanat Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama, Ketua Lembaga NU ditunjuk langsung oleh Pengurus Harian Syuriyah dan Tanfidziyah. Jadi Rapat Gabungan kali ini fokus ke pembahasan dan penetapan para calon Ketua Lembaga NU,” katanya.

Pasca Konfercab NU Cilacap yang baru lalu, aktifitas kinerja pengurus PCNU memang tidak berhenti. Meskipun dalam masa transisi, kegiatan layanan tetap dilaksanakan. Juga sambil menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) dari PBNU.

18 Pengurus Lembaga NU

Konfercab NU Cilacap tahun 2024 mengamanatkan pembentukan Lembaga NU. Mengacu pada masa khidmat sebelumnya, sejumlah 18 Lembaga NU terbentuk. Meskipun SK belum turun, aktifitas pengurus dan mandat organisasi harus terus berjalan salah satunya dengan menyusun kepengurusan lembaga NU.

“Untuk masa khidmat 2024-2029, PCNU Cilacap juga membentuk 18 Lembaga NU. Ini sudah sesuai pertimbangan seperti ketersediaan calon pengurus. Juga kebutuhan penanganan program,” kata H Imam Tobroni.

Baca juga Berita Kegiatan Lembaga NU

Rapat gabungan dihadiri jajaran Syuriyah Tanfidziyah PCNU Cilacap. Di antaranya KH Suada Adzkiya (Rais Syuriyah), Kiai Abdal Malik (Katib) beserta jajaran Syuriyah lainnya. Juga hadir Dr H Imam Tobroni, S.Ag., MM.  (Ketua) dan Fatkhuddin M.Pd., (Sekretaris) dan jajaran Tanfidziyah lainnya.

Rapat gabungan Syuriyah Tanfidziyah menghasilkan keputusan ditunjuk dan ditetapkannya 18 orang calon Ketua Lembaga NU. Juga Badan Setingkat Lembaga, yaitu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Nahdlatul Ulama (KBIHUNU) Cilacap.

Di luar agenda penyusunan kepengurusan Lembaga NU, Rapat juga membahas persiapan pembentukan Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama (BMUNU). Juga masalah program kegiatan Kehutanan Sosial. (Wahid/MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button