Seni Budaya

Presiden Jokowi Kenang God Bless, Grup Musik Rock Legendaris

Ketika vokalis band legendaris God Bless Ahmad Albar bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi, maka Presiden Jokowi pun mengenang masa mudanya yang juga mengidolakan God Bless.

“Saya masih remaja belasan tahun ketika God Bless muncul dan berjaya di tanah air. Lagu-lagunya enak, musiknya asyik, lirik-liriknya menggugah. Siapa tak ingat lagu Huma di Atas Bukit, Panggung Sandiwara, atau Roda Kehidupan?’ ujar Presiden Jokowi di akun facebooknya Senin 30 Agustus 2021 sebagaimana dikutip NUCOM.

“Penyanyinya punya ciri khas: rambut kribo, karakter suaranya yang khas dan dalam, gaya panggung pun enerjik. Saya kira hampir semua orang Indonesia mengenalnya. Dialah Ahmad Albar, yang akrab dipanggil Mas Iyek, yang berdiri di samping saya ini,” tambah Jokowi.

Presiden Jokowi lebih lanjut mengatakan bahwa tak terasa sudah hampir setengah abad God Bless berdiri.

“Suara dan postur Mas Iyek masih seperti dulu. Bahkan pada 31 Agustus nanti (hari ini-red), God Bless merayakan 48 tahun berkarya di kancah industri musik Indonesia dengan menggelar konser virtual “God Bless 48th Anniversary: Mulai Hari Ini,” tambah Jokowi.

Presiden kemudian mengatakan bahwa konser tersebut patut didukung.

“God Bless adalah bagian penting perjalanan sejarah musik tanah air,” pungkas Presiden Jokowi.

God Bless adalah grup rock sejak tahun 1970-an. Hingga saat ini, nama God Bless dianggap sebagai salah satu legenda dalam musik rock Indonesia.

Grup musik yang digawangi oleh Achmad Albar pada vokal, Ian Antono pada gitar, Donny Fatah pada bass, Yaya Moektio pada drum dan Abadi Soesman pada keyboard. God Bless pertama kali manggung pada 1972 di Taman Ismail Marzuki pada acara Summer 28.

Sampai saat ini, God Bless telah menelurkan lima album studio dan dua album kompilasi. Lima album studio di antaranya, GOD BLESS (1975), CERMIN (1980), SEMUT HITAM (1988), RAKSASA (1989) dan APA KABAR (1997). Sedangkan dua album kompilasi yaitu, THE GLORY OF GOD BLESS (1990) dan 18 GREATEST HITS OF GOD BLESS (1992).

Sejak album studi kelima pada 1990, God Bless seperti tertelan bumi. Setiap personelnya memiliki kesibukan masing-masing. Namun pada 2009, God Bless bakal kembali ke panggung musik, dan meramaikan musik rock yang memang sekarang sedang ‘sepi’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seventeen − 10 =

Back to top button