Mengapa Prabowo Subianto Jadi Ketua Panitia Multaqo Sufi Al-Alami?

NU CILACAP ONLINE – Mengapa Prabowo Subianto Jadi Ketua Panitia Multaqo Sufi Al-Alami, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atau Habib Luthfi menjelaskan alasan nya.

Menurut Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Al Ulama Tasawuf Il Alami telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Republik Indonesia dan para ulamanya.

Dari itu terbentuklah kepanitiaan sepakat terpilih, ketua umum adalah Bapak Menteri Pertahanan Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto beserta jajaran kepanitiaannya

“Ditunjuknya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Ketua Panitia Pusat Muktamar Sufi Internasional atau Multaqo Sufi Al-Alami 2023 merupakan kesepakatan Al Ulama Tasawuf Il Alami,” ungkap Habib Luthfi saat saat pembukaan Multaqo Sufi Al-Alami Il seperti disiarkan YouTube World Sufi Assembl Selasa (29/8/2023).

Habib Luthfi menyampaikan penunjukan Menteri Pertahanan Prabowo bukan sesuatu yang baru. Dia menyebut Menteri Pertahanan sebelumnya, Jenderal Ryamizard Ryacudu, juga pernah menjadi ketua umum pada World Sufi Assembly yang lalu.

Artikel Terkait

“Bekerja sama dengan pemerintah melalui Departemen Pertahanan bukan suatu hal yang baru. Dari semenjak Menteri Pertahanan Bapak Jenderal Ryamizard Ryacudu pada waktu yang lalu dan dilanjutkan Bapak Menteri Pertahanan sekarang, Bapak Letnan Jenderal Prabowo Subianto,” ucapnya.

Dia menekankan penunjukan ini sebagai langkah untuk memperkokoh pertahanan dan ketahanan nasional.

“Semuanya tidak lain untuk menunjukkan bahwa pemerintah, ulama, TNI, Polri, tidak bisa dipisah-pisahkan, dari itu akan menambah memperkokoh pertahanan dan ketahanan nasional,” ujar dia.

Baca juga Tasawuf Aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah), Tinjauan Sekilas

Pembukaan Muktamar Sufi

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Muktamar Sufi Internasional 2023. Jokowi mengatakan pelaksanaan muktamar ini penting bagi Indonesia.

“Pelaksanaan muktamar ini sangat penting bagi Indonesia akan membuat Indonesia semakin dikenal sebagai contoh Islam moderat, akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan,” kata Jokowi di acara Muktamar Sufi Internasional 2023 seperti ditayangkan di YouTube World Sufi Assembly, Selasa (29/8/2023).

Melansir detik.com, Jokowi mengatakan muktamar internasional yang digelar di Indonesia ini menjadi bukti kalau Islam Indonesia tidak lagi berada di pinggiran. Jokowi menyebut Indonesia jadi punya peran strategis dalam membangun peradaban dunia.

Jokowi yakin pelaksanaan muktamar ini dapat mendekatkan antarnegara peserta. Dia mengajak semua pihak untuk terus merawat kerukunan dan menolak kebencian.

Muktamar ini mengejawantahkan nilai-nilai luhur tasawuf, thariqah, mendekatkan tasawuf dan thariqah kepada negara masing-masing.

“Saya yakin nilai-nilai luhur budaya nusantara, seperti saling menghargai, ramah tamah, sopan santun, guyub, dan kearifan-kearifan bangsa lainnya akan sepenuhnya mewarnai muktamar yang mulia ini,” ucapnya.

Baca juga 9 Rekomendasi Muktamar Sufi Internasional 2023 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button