Berita

Innalillahi Ketua PP LAZISNU Pertama Meninggal Dunia

NU Cilacap Online

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Warga NU berduka. Ketua Pengurus Pusat (PP) Lembaga Amil, Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) pertama yaitu periode 2005-2010 Prof Dr KH Fathurrahman Rauf, dikabarkan telah meninggal dunia, pada Ahad (14/2) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Salah satu menantu Prof Fathurohman yang juga dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Hasani Ahmad Said mengunggah berita duka ini di unggahan status di media sosial miliknya. Dalam unggahan tersebut,  ia memposting foto disertai permohonan maaf untuk ayah mertuanya.

“Mohon doa dan mohon dimaafkan orang tua (mertua) kami, Prof Fathurrahman Rauf,” tulisnya di dalam unggahan yang ditandai ke akun facebook pribadi Prof Fathurrahman. Prof Fathurrahman Rauf bin H Bandan M Idris wafat pada usia 75 tahun. Ia lahir di Karawang, 5 Mei 1946. Jenazah diberangkatkan dari Pamulang, Banten, pada Senin (15/2) pukul 09.00 WIB menuju Taman Pemakaman Keluarga, di Karawang, Jawa Barat untuk dikebumikan”.

Almarhum adalah seorang dosen dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak 2014 lalu. Ia mengampu mata kuliah Nahwu, Sharaf, Fiqh Al-Lughah, Ilmu Al-Lughah, Tarikh Al-Adab Al-Arabiy, Ilmu Balaghah, Al-Insya Al-Arabiy, Naqd Al-Adab Al-Arabiy di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

Ia juga pernah menjabat sebagai sebagai Dekan Fakultas Adab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998-2002. Setelah itu, Prof Fathurrahman dipercaya untuk menjadi Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam (IAI) Al-Aqidah Jakarta pada 2002-2005. Kemudian diangkat sebagai rektor IAI Al-Aqidah Jakarta pada 2014.

Di organisasi, selain menjadi Ketua PP LAZISNU 2005-2010, almarhum juga pernah berproses di Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Purwakarta pada 1965-1966. Selain itu, Prof Fathurrahman juga diamanahi menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Koordinator Daerah Forum Komunikasi dan Silaturahmi Alumni (FOKSIKA) Cabang Ciputat.

Tak hanya itu, almarhum menjadi salah satu Anggota Dewan Pakar Koordinator Nasional Forum Komunikasi dan Silaturahmi Alumni (FOKSIKA) PB PMII. Ia juga diamanahi menjadi Ketua Dewan Pakar Pengurus Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Perjalananan pendidikan almarhum dimulai di Pesantren Salafiyyah Al-I’timad Purwakarta (saat ini Al-Asy’ariy), pada 1960-1966. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Rakyat Desa Pelem sekaligus MI Nurul Falah Kampung Banjun, Purwakarta, lulus pada 1961. Lalu pendidikan almarhum, dilanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasah Arabiyah Islamiyah (MAI) Purwakarta (1963). Kemudian dilanjut ke Madrasah Aliyah Swasta (MAS) MAI Purwakarta (1966

Almarhum menjadi Sarjana Muda di Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta pada 1970. Lalu menjadi Sarjana Lengkap di jurusan dan fakultas yang sama, pada 1975. Almarhum kemudian menempuh program doktoral Kajian Islam Bidang Bahasa dan Sastra Arab UIN Jakarta.

Sumber NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four + nine =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button