Kemenag Cilacap-NUCOM Sepakat Jalin Kerjasama

NU CILACAP ONLINE –  Dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama NU Cilacap Official Media (NUCOM) sepakat menjalin kerja sama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cilacap.

Kedua pihak sepakat membangun kerjasama memanfaatkan media berita online untuk mengabarkan kepada Masyarakat Cilacap arti pentingnya hidup dengan menganut agama dan hidup berdampingan.

Kesepakatan diraih usai beberapa awak media NUCOM secara langsung berkunjung ke Kantor Kemenang Cilacap.

Rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris Redaksi NUCOM Achmad Nur Wahidin dan disambut oleh Kasubag Kemenag Cilacap Banu Tolib M.Pd.

Media dan Kerukunan Umat Beragama

Bahaya ancaman intoleransi antar umat beragama selalu ada dan perlu diwaspadai di tengah pluralisme bangsa.

Bahkan belakangan ini banyak muncul potensi intoleransi di tengah masyarakat mulai dari kasus yang murni karena persoalan agama (Aqidah) hingga persoalan yang ditumpangi kepentingan politik.

Agama sering dijadikan alat untuk menggerakkan emosi umat, sehingga membuat begitu mudah terjadi gesekan, kebencian dan permusuhan antar sesama warga negara.

Media yang paling mudah dan cepat untuk menggerakkan emosi umat sekarang ini, salah satunya dengan internet dan media sosial.

Bangsa Indonesia yang menganut berbagai macam agama sesungguhnya tidaklah menjadi penghalang untuk mewujudkan kerukunan sebagai wujud nyata dari bela negara.

Perbedaan agama yang ada di tengah masyarakat sesungguhnya bukanlah merupakan potensi konflik manakala dimaknai dengan baik. Justru perbedaan agama dalam konteks Bhineka Tunggal Ika, bisa dijadikan sebagai alat perekat untuk mewujudkan kekuatan yang kokoh dalam membangun tanah air Indonesia.

Baca Juga: UNUGHA Jalin Kerjasama Publikasi Media Dengan NUCOM

Kantor Kementerian Agama Cilacap

Internet dan sosial media kini menjadi sumber informasi yang banyak digunakan khususnya untuk memantau berita apa pun. Informasi yang sifatnya ringan, serius, dan penting, termasuk informasi yang berkaitan dengan agama.

Meningkatnya penggunaan media internet dan media sosial online untuk komunikasi keagamaan berkaitan dengan penanaman konsep keagamaan tertentu.

Hal ini tidak bisa dihindari, dan hal inilah yang belakangan memunculkan konflik dalam kerukunan beragama, bahkan di dalam penganut agama Islam itu sendiri.

Media Informasi Kepada Masyarakat

NU Cilacap Official Media (NUCOM) menjalin kerja sama dengan Kementrian Agama Kabupaten Cilacap (Kemenag ) melalui Media Portal Berita Online pada hari Jumat (9/12/2022) di Kantor kementrian Agama Cilacap yang beralamat di Jl. Perwira No.14 A, Cilacap, Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Kantor Kemnterian Agama Kabupaten Cilacap Banu Tolib M.Pd dalam kesepakatan tersebut yang mewakili Kankemenag Cilacap berharap dapat bekerja sama dengan baik.

Menurut Banu Tolib, media portal berita Online seperti NUCOM merupakan salah satu media online dan media-media berita yang ada di Cilacap; juga dasar dari wadah komunikasi dengan dunia.

“Saat ini pengetahuan akan dunia dapat diakses dengan internet sudah menjadi kebutuhan dasar penyedia layanan informasi masyarakat. Harapannya ikut serta mendukung membantu mengabarkan menginformasikan kepada khalayak umum dan warga Cilacap untuk sadar beragama dan jangan sampai tidak beragama,” harap Banu.

Sementara Tim Redaksi Media NUCOM yang ikut di lokasi Achmad Nur Wahidin, Naeli Rokhmah, Imam Hamidi Antassalam, Khayaturrohman, Shevilla Dewi Pramudita.

Sekretaris Redaksi NUCOM Achmad Nur Wahidin menyatakan bahwa timnya siap menjalin kerja sama dengan Kankemenag Cilacap.

“Media NUCOM siap untuk menjalin kerja sama dengan Kemenag Cilacap dalam mengabarkan , menginformasikan, mempublikasikan program-program kegiatan Kankemenag Cilacap. Semoga ke depannya tidak hanya melalui publikasi via Website, akan tetapi juga media sosial dan kanal YouTube milik NUCOM,” ucap Wahid. (Khayaturrohman)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button