Badan Otonom NU

PIK KRR “BINA UMAT” Dibentuk | NU Cilacap Online

Pusat Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK KRR) Bina Umat dibentuk. Lembaga konsultasi Remaja ini digagas pembentukannya oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Pengurus Cabang Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama Cilacap. Rapat pembentukan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2014 bertempat di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap.

H. Azis Muslim, M.Ag, ketua PC LKKNU Cilacap mengatakan bahwa PIK-KRR merupakan wadah yang dibentuk oleh, dari, dan untuk remaja di bawah naungan  BKKBN di tingkat provinsi. PIK R  bertugas menyebarkan informasi mengenai kesehatan reproduksi remaja, masalah seksualitas, HIV/AIDS, NAPZA, serta Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR).

Sementara itu, Ketua PIK KRR BINA UMAT Achmad Fauzi menyampaikan bahwa PIK KRR bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman remaja mengenai kesehatan reproduksi remaja (KRR), mempersiapkan remaja menghadapi dan melewati masa pubertas yang sering dirasa cukup berat, melindungi remaja dari berbagai resiko gangguan kesehatan reproduksi seperti Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV/AIDS serta Kehamilan Tak Diharapkan (KTD), serta menyiapkan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR).

Fauzi menambahkan bahwa dalam waktu dekat, PIK KRR Bina Umat akan melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain Workshop Triad KRR, Pelatihan Internet Sehat bagi Remaja serta Penyuluhan Bidang Konsultasi Perkawinan dan Keagamaan untuk Kemaslahatan Keluarga.

Kesehatan Reproduksi Remaja

Reproduksi mempunyai arti suatu proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidupnya; Kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem,fungsi dan proses
reproduksi yang dimiliki oleh remaja

Pengertian sehat disini tidak semata-mata berarti bebas penyakit atau bebas dari kecacatan namun juga sehat secara mental serta sosial kultural. Program untuk membantu remaja agar memiliki status kesehatan reproduksi
yang baik, melalui : Pemberian Informasi, Pelayanan Konselingdan Pendidikan Keterampilan Hidup

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four × one =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button