Esai Opini Wawasan

NGOPI, Ngobrol Penuh Inspirasi Ala Media NUCOM Cilacap

Ngopi, ngobrol penuh inspirasi adalah salah satu kegiatan dari pegiat media NUCOM Cilacap, dikemas dengan format Talkshow, Ngopi NU Cilacap menghadirkan narasumber yang kompeten dengan tema yang aktual.

Bicara Ngopi, sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Dalam pengertian yang sebenarnya, ngopi, minum dan menikmati seduhan kopi panas. Anda yang penuh inspirasi, biasanya dekat dengan secangkir kopi. Tak pandang waktu, malam, siang, sore atau pagi; Ngopi adalah sebuah aktifitas.

NGOPI, Ngobrol Penuh Inspirasi tentang Umroh Ala NU CilacapDengan sedikit sentuhan eksploratif, Ngopi menjadi sebuah inspirasi. Atau bagi sebagian orang, Ngopi justeru menjadi garansi penuh untuk proses kontemplasi yang bisa melahirkan dan menghadirkan inspirasi. Untuk orang-orang tertentu, inspirasi bisa mandek jika kurang asupan kopi. Entah kebenarannya seperti apa, tergantung penikmatnya.

Bagi pegiat media NU Cilacap, Ngopi adalah agenda Talkshow yang (sedang diusahakan untuk digelar secara) rutin. Talkshow Ngopi NU Cilacap diupayakan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnnya. Tema yang dipilih juga aktual, dan yang penting, memiliki impact positif, sebagai mana positive news, bagi masyarakat. Sebuah terobosan di era serba media di mana Organisasi NU tidak bisa menghindar dari pemanfaatan media.

Kita tahu, banyak manfaat dari media sosial untuk organisasii. Misal, organisasi semakin berkembang dari sisi membangun informasi positif ke dalam maupun ke luar jejaringnya. Memiliki impact di kemudian hari seiring dengan perkembangan platform media sosial. Terbangunnya kesadaran baru dalam berorganisasi dengan memanfaatkan teknologi, termasuk media sosial.

Talkshow Ngopi

Talkshow Ngopi, Ngobrol Penuh Inspirasi ala NUCOM Cilacap, hari ini sudah bukan sebuah mimpi. Ia adalah embrio publisitas untuk masa depan madia organisasi NU -dalam hal ini PCNU Cilacap– di masa yang akan datang. Pilihan Live melalui Chanel yang ada, memungkinkan untuk dibangun dengan sinergis.

NGOPI, Ngobrol Penuh Inspirasi tentang KARTANU Ala NU CilacapTrend Live Broadcast melalui Chanel media sosial organisasi — Instagram, Facebook, Youtube, atau berbasis aplikasi seperti Google Meet dan Zoom, bukan kebetulan karena situasi pandemi Covid-19. Hanya pemanfaatannya meningkat drastis dalam situasi pandemi.

Jika diamati, trend ini merupakan skenario besar bagaimana media internet dengan variasi fiturnya sedang diupayakan menggantikan model broadcast ala perusahaan-perusahaan media yang besar. Sementara, mereka arapemilik media besar, terutama televisi, juga menyiapkan chanel-chanel turunannya berbasis aplikasi.

Konsep Live Broadcast ala Organisasi adalah kesempatan baik dan kiranya bisa dimanfaatkan secara bijak. Karena, apapun yang berbasis internet, pun memiliki kekurangan. Ia bisa berdampak pada eksistensi organisasi, jika platform broadcast nya tidak dikemas dengan baik dan hati-hati.

Respon Tematik Organisasi

Organisasi seperti NU Cilacap memiliki tanggungjawab/responsibilty secara moral untuk melakukan respon secara tematik atas berbagai peristiwa yang terjadi. Sebagai Organisasi Islam Aswaja, NU memiliki tanggungjawab tidak hanya di bidang keagamaaan, melainkan juga sosial kemasyarakatan. Respon tematik organisasi inilah yang menjadi ruh dari Ngopi Ngobrol Penuh Inspirasi.

NGOPI, Ngobrol Penuh Inspirasi NUCOM CilacapAda banyak hal yang direspon secara dan melalui mekanisme administrasi. Ada pula yang dilaksanakan dengan cara konsolidasi, Rapat Kerja, misalnya, dan rapat-rapat lain.

Di saat pandemi seperti sekarang ini, respon tematik memang diuntungkan jika dilaksanakan melalui daring. Fakta seperti ni juga lah yang menginspirasi dan menguatkan para pegiat media NU Cilacap di balik Talkshow Ngopi itu sendiri.

Tentang Tema PSBB, Pembatasan Sosial Berskala Besar, ini juga respon yang tepat, dari organisasi NU Cilacap yang juga memiliki konsen di dunia kesehatan. Ini menjadi agenda yang sudah ditetapkan. Memilih narasumber juga harus tepat.

Bagaimana dengan respon audience? Pegiat media manapun menginginkan memiliki banyak respon atas tayangannya. Demikian juga harapan Organisasi NU Cilacap. Dengan Talkshow Ngopi ini kiranya bisa menjadi jembatan informasi dari Organisasi kepada masyarakat secara umum.

Bahwa Akun Media NU Cilacap membutuhkan Subricber, Follower atau Responder, itu juga pasti menjadi tujuan, meskipu bukan tujuan utama. Tujuan utamanya adalah bagaimana respon organisasi melalui narasumber dan media Talkshow Talkshow NUCOM Cilacap bisa tersampaikan. Demikian, semoga bermanfaat. (Ditulis oleh Kang Nawar)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eleven + two =

Back to top button