Esai

Apa itu Positive News Maker? Ini Sedikit Penjelasannya

Apa itu Positive News Maker? Positive News Maker adalah orang sosok tokoh yang pendapat pikiran dan opini nya menjadi rujukan media berita online dan membentuk kesan positif bagi warga masyarakat.

Kita semua tahu ada beberapa jenis news media, media berita, baik online maupun offline, baik berbasis media cetak maupun elektronik, atau berbasis situs / website. Jenis media massa umumnya berasal dari sebuah perusahaan media. Atau Media online sebuah organisasi, seperti Nahdlatul Ulama (NU).

Fungsi pokok media melaksanakan pemberitaan atau menyampaikan informasi dalam bentuk berita. Salah satu sumber pemberitaan adalah tokoh, sosok, Ulama, pejabat, pimpinan perusahaan, atau pengurus sebuah organisasi.

Positif News Maker muncul dan berasal dari peran media dalam menggali informasi yang berasal dari seseorang, karenanya biasanya bersifat personal. Personalitas nya melekat pada kata maker, yang berarti pembuat. News Maker secara sederhana adalah sosok pembuat berita, atau sosok yang pendapatnya dikemas menjadi sebuah berita, lalu dikonsumsi oleh masyarakat.

Masyarakat sebagai konsumen berita, umumnya menghendaki positive news, berita-berita yang positif. Seperti apa berita yang positif. Tentu tidak ada definisi tunggal. Secara umum, berita positif adalah berita yang dari isinya an kesan yang disampaikannya bernuansa positif, dan itu berasal dari news maker / tokoh yang memiliki kredibilitas yang positif pula.

ATI 2020

KH. Ubaidillah Shodaqoh, Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah diplih sebagai tokoh pemersatu umat, sebagai Positif News Maker tahun 2020 oleh IDNTimes Group. Times Indonesia kembali menggelar Anugerah Times Indonesia (ATI) 2020. Salah satu tokoh yang mendapat anugrah dalam kategori Positive News Maker Jateng 2020 adalah KH Ubaidillah Shodaqoh sebagai Tokoh Pemersatu Umat

Ulama Pengasuh Pesaantren Al Itqon Bugen Semarang itu, yang sering disebut dengan panggilan Gus Ubed itu, pernah mengatakan; Peran NU sangat penting Sebagai Penyeimbang Informasi Keagamaan. Bagi Gus Ubed, NU harus berada di tengah. NU memang selama ini selalu berupaya menjadi penyeimbang informasi keagamamaan supaya tak terjadi konflik di masyarakat.

Informasi melalui media mempunyai pengaruh yang sangat besar. Entah itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Sebuah infomasi bisa menggerakkan masyarakat menuju gerakan positif maupun gerakan negatif.

Oleh sebab itu, dengan terpilihnya Gus Ubed sebagai Positive Newsa Maker, ini menjadi pelecut bagi Media Online NU Cilacap untuk ambil bagian di dalamnya. Dengan cara bagaimana?

Menyuguhkan berita informasi dan artikel yang bermanfaat dan memberi kesan positif bagi masyarakat. Juga mampu menjadi pemicu gerakan-gerakan / harokah yang positif bagi Jamiyyah Nahdlatul Ulama (NU), dan dampaknya bisa dirasakan secara positif pula oleh masyarakat.

Demikian, ini sedikit penjelasannya tentang apa itu positive news maker. Semoga bermanfaat. (Penulis: Kang Nawar)

Show More

Munawar A.M.

Admin Utama Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button