MWCNU Siap Peringati Hari Santri 2019

Beberapa MWCNU di Kabupaten Cilacap siap peringati Hari Santri tahun 2019. Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Sidareja misalnya, telah menyiapkan beberapa agenda menyambut Hari Santri 2019. Di antaranya gelaran Lomba Hadroh, Tilawah, Kaligrafi, Murottal,Musabaqah Hifdzil Qur’an dan juga upacara bendera.

Sekretaris MWCNU Sidareja Nuryadin S.Kom., menyatakan berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan/ Petunjuk Teknis Upacara Hari Santri Nasional, pelaksanaan upacara bendera dilaksanakan secara serempak dipusatkan di Lapangan Kecamatan Sidareja (Alun-alun Sidareja) dengan tanggung jawab MWCNU Sidareja.

“Puncak Hari Santri 2019 MWCNU Sidareja akan dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon, 22 Oktober 2019/ 23 Shaffar 1441 H, mulai pukul 07.30 s.d selesai, di Lapangan Kecamatan (Alun-alun) Sidareja,” katanya.

Sementara itu, M. Nur Hamim S.H.I., M.Hum., sekretaris panitia  MWCNU Gandrungmangu, menyatakan beberapa kegiatan juga sudah disiapkan untuk memeringati Hari Santri 2019. “MWCNU Gandrungmangu menggelar beberapa kegiatan seperti LCC Kebangsaan dan Aswaja, Kemah Santri, Donor Darah, Halaqoh dan Istighotsah,” ungkapnya.

Nur Hamim menambahkan, semua kegiatan didukung pelaksanaanya oleh komponen Nahdlatul Ulama baik Badan Otonom maupun lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama. “IPNU, IPPNU, Ansor, Banser, Fatayat NU dan Muslimat NU, semua dilibatkan. Juga lembaga pendidikan seperti MI, MTs, MA, dan RA/’TK/PAUD” katanya.

Di wilayah MWCNU Kawunganten peringtan hari Santri Nasional Tahun 2019, juga akan dilaksanakan, selama 4 hari berturut-turut sejak 19 Oktober hingga 22 Oktober 2019. Kegiatan digelar di beberapa tempat. Diaantara kegiatan yang akan digelar antara lain: Ruqyah Akbar, Musabaqah Tilawatil Quran, Cerdas Cermat Aswaja, Tahfidz Juz ‘Amma, Pawai Ta’aruf, Ziarah makam para Kyai di Kawunganten.

“Puncak peringtan dilaksanakan dengan menggelar upacara Hari Santri 22 Oktober 2019 di Lapangan Desa Bojong,” kata Ketua MWCNU Kawunganten, H. Mastur Sodik, S.P.d.I.

Dia menambahkan bahwa, peringtan hari Santri Nasional Tahun 2019 bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya makna dari peringatan, menghargai peran kaum santri yang begitu mendalam terhadap proses Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan upaya untuk memperkuat identitas santri.

 

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four + 15 =