Dokumentasi

Lagu Resmi Hari Santri 2018, Teks dan Liriknya

Berikut ini Lagu Resmi Hari Santri 2018 dan lirik nya

Lirik Lagu Hari Santri 2018

Saat ini kita telah merdeka
Mari teruskan perjuangan ulama
Berperan aktif dengan dasar Pancasila
Nusantara tanggung jawab kita…

 Reff

Hari Santri 3x
Hari Santri bukti cinta pada negeri
Ridho dan rahmat dari Ilahi
NKRI Harga Mati…

 Ayo Santri 3x
Ayo ngaji dan patuh pada Kiai
Jayalah bangsa, jaya negara
Jayalah pesantren kita…

Hari Santri Nasional (HSN) 2018 telah dilaunching oleh Kementerian Agama (kemenag) RI pada pertengarah Agustus lalu. Dalam peluncuran tersebut, Kemenag juga memperkenalkan tema, logo, hingga rangkaian kegiatan HSN 2018 yang akan digelar pada 22 Oktober mendatang. Termasuk theme song (lengkap dengan liriknya) HSN.

Tema yang diusung pada Hari Santri Nasional adalah “Bersama Santri Damailah Negeri”. Sementara logonya bergambar siluet sepasang santri dan santriwati yang mengenakan peci dan kerudung. Dengan dilengkapi secarik bendera merah putih dan ornamen berwarna hijau logo HSN 2018 terlihat elegan dan penuh makna. Seolah ada harmonisasi antara Islam dan Indonesia.

Seperti diketahui bahwa Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015. Dalam Keppres Nomor 22 tahun 2015, antara lain dinyatakan bahwa tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri dan Hari Santri Bukan Merupakan Hari Libur Nasional,

Penetapan tanggal 22 Oktober tersebut merujuk pada peristiwa dikeluarkannya Resolusi Jihad. Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari, pada tanggal 22 Oktober 1945 mengumumkan fatwanya yang kemudian dikenal sebagai Resolusi Jihad yang memuat seruan bahwa setiap Muslim wajib memerangi penjajah. Sehingga pejuang yang gugur dalam peperangan melawan penjajah pun dianggap mati syahid.

Resolusi jihad ini dikeluarkan seiring dengan kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA ke Indonesia yang baru merdeka beberapa bulan. Seruan jihad ini membakar semangat para santri dan arek-arek Surabaya yang kemudian memicu terjadinya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian juga diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Lagu Resmi Hari Santri 2018 menjadi bagian dari semangat baru kaum santri, setidaknya membangkitan semangat dan memori sejarah perjuangan kaum santri di bawah komando Ulama.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 + eighteen =

Back to top button