Feature & Figur

Hari-Hari Istimewa di Bulan Oktober yang Perlu Diketahui

Hari-Hari Istimewa di Bulan Oktober dalam lintasan waktu dan sejarah, perlu diketahui oleh kita semua. Bulan Oktober memiliki banyak peristiwa yang terjadi, baik di lingkup nasional maupun internasional.

Misalnya seperti hari ini, 16 Oktober yang merupakan Hari Pangan Sedunia dan Hari Parlemen Indeonesia. Setiap momen penting yang terjadi kemudian ditetapkan menjadi hari istimewa di bulan Oktober dan diperingati setiap tahunnya.

Beberapa hari istimewa di bulan Oktober sudah berlalu, di antaranya adalah pada 1 Oktober yaitu Hari Kesaktian Pancasila. Dan pada 2 Oktober diperingati sebagai hari Batik Nasional.

Lalu pada 5 Oktober, diperingati sebagai hari lahirnya Tentara Nasional Indonesia. Sementara itu pada 10 Oktober dikenal sebagai hari Kesehatan Jiwa. Sedangkan pada 12 Oktober, dikenal sebagai Hari Radang Sendi Sedunia.

Daftar Hari Istimewa di Bulan Oktober

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar hari istimewa di bulan Oktober yang perlu kamu ketahui

1 Oktober: Hari Kesaktian Pancasila
1 Oktober: Hari Bea dan Cukai
2 Oktober: Hari Batik Nasional
4 Oktober: Hari Hewan Sedunia
5 Oktober: Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI), setiap Hari Kamis Kedua Oktober, diperingati sebagai Hari Mata Sedunia.
10 Oktober: Hari Kesehatan Jiwa
12 Oktober: Hari Radang Sendi (Artritis) Sedunia
15 Oktober: Hari Hak Asasi Binatang
16 Oktober: Hari Parlemen Indonesia
16 Oktober: Hari Pangan Sedunia
22 Oktober: Hari Santri Nasional Lihat juga Krolonolgi Resolusi JIhad
24 Oktober: Hari Dokter Nasional
24 Oktober: Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
24 Oktober: Hari Polio Sedunia
27 Oktober: Hari Listrik Nasional
28 Oktober: Hari Sumpah Pemuda
29 Oktober: Hari Stroke Sedunia
30 Oktober: Hari Keuangan

Pada hari ini, tanggal 16 Oktober 2021 diperingati sebagai Hari Parlemen Indonesia. Parlemen sendiri merupakan badan legislatif yang ada di Indonesia.

Menurut Wikipedia, badan legislatif merupakan badan deliberatif pemerintah dengan kuasa membuat hukum, di mana Indonesia menganut paham beberapa kamar atau majelis, yaitu bikameral.

Hari Pangan Sedunia juga diperingati setiap tanggal 16 Oktober di seluruh dunia. Dr. Pal Romany lah yang berperan sangat penting di dalam konferensi tersebut sebagai pengusul ide perayaan Hari Pangan Sedunia.

Sementara itu, Hari Parlemen Indonesia diperingati setiap tanggal 16 Oktober sesuai Maklumat Nomor X pada 16 Oktober 1945 yang dicetuskan oleh Mohammad Hatta bersama Perdana Menteri Sultan Sjahrir; bahwa Indonesia membutuhkan badan yang bisa mewakili aspirasi masyarakat, sebagai negara yang merdeka

Demikian daftar hari istimewa dan peringatan di bulan Oktober yang perlu kamu ketahui.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button