Badan Otonom NU

Mengenal Visi, Misi dan Tujuan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU)

Sebagai sebuah organisasi, Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU), organisasi perempuan NU, tentu memiliki visi, misi dan tujuan. Visi Muslimat NU adalah Terwujudnya masyarakat sejahtera yang dijiwai ajaran Islam Ahlusunnah wal jamaah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkemakmuran dan berkeadilan yang diridloi Allah SWT.

Visi bisa dikatakan sebagai pandangan terhadap keadaan yang ingin dicapai di masa depan. Sedangkan misi adalah segala upaya yang dilakukan untuk mewujudkan visi. Keduanya salit terkait satu sama lain.

Ada juga yang memberi pengertian hubungan saling memengaruhi antara visi dengan misi; Visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.

Visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan. Misi adalah Penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.

Visi Muslimat NU

Demikian juga dengan visi Muslimat NU, ia ada dan bisa berkembangan melalui sebuah perencanaan strategis organisasi agar bisa dicapai, membutuhkan misi yang jelas, konkrit, terukur dan rasional.

Muslimat NU, sebagai Organisasi Perempuan NU, memiliki misi, yang lebih fokus pada kaum perempuan sebagai subjek sekaligus objek pengembangannya melaui program dan kegiatan.

4 Misi Muslimat NU

Muslimat NU memiliki 4 Misi, yaitu:

  1. Mewujudkan masyarakat  Indonesia khususnya perempuan, yang sadar beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Mewujudkan masyarakat Indonesia khususnya perempuan, yang berkualitas, mandiri dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  3. Mewujudkan  masyarakat  Indonesia khususnya perempuan, yang sadar akan kewajiban dan haknya menurut ajaran Islam baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.
  4. Melaksanakan tujuan Jam’iyyah NU sehingga terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang merata dan diridhoi Allah SWT.

Misi Muslimat NU

3 (tiga) Tujuan Muslimat NU

Sementara itu, Muslimat Organisasi Perempuan NU, Muslimat NU memiliki setidaknya 3 (tiga) tujuan, berdasarkan pasal 5 Anggaran Dasar Muslimat NU, Muslimat NU memiliki tujuan; 1) Terwujudnya wanita yang sadar beragama, berbangsa dan bernegara, 2) Terwujudnya wanita Indonesia yang berkualitas, mandiri dan bertakwa kepada Allah SWT, dan 3) Terwujudnya wanita Indonesia yang sadar akan kewajiban dan haknya menurut ajaran agama Islam baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.

Baca Artikel Terkait:

Muslimat NU dan Perempuan

Perempuan memiliki peranan penting dalam kehidupan keluarga dan sosial. Di dalam kehidupan keluarga, seorang perempuan memiliki tugas domestik yang tidak bisa ditinggalkan seperti pengasuhan anak dan menyiapkan menu makan sehari-hari untuk keluarga. Selain itu seorang perempuan juga dituntut bisa mengatur keuangan keluarga secara baik.

Namun, di balik tugas domestiknya, perkembangan zaman menuntut perempuan juga aktif berkarier dan berkegiatan sosial-keagamaan sebagai bentuk partisipasinya dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian perempuan harus bisa menjadi seorang multitasker.

Muslimat NU merupakan salah satu organisasi terbesar di Indonesia yang bisa menjadi wadah untuk mengembangkan diri bagi kaum ibu. Di dalam organisasi keagamaan ini, para kaum ibu (muslimat) memiliki kesempatan belajar banyak hal seperti cara berorganisasi, tampil di depan publik, administrasi, perkembangan ekonomi melalui koperasi, terlebih pengetahuan agama melalui bidang dakwah Islam Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

thirteen + 4 =

Baca Artiikel Terbaru Lainnya
Close
Back to top button