Gedung Muslimat NU Cilacap Diresmikan

pcnucilacap.com – Gedung Muslimat NU Cilacap Diresmikan. Pengurus Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap telah memiliki Gedung yang diresmikan penggunaannya Senin (21/9).  Peresmian Gedung  yang berlokasi di kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamuji serta pemotongan  untaian melati oleh penasehat Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Teti Rohatiningsih.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Cilacap, Ketua GOW Cilacap, Camat Cilacap Utara Sunarti, Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap KH. Nasrulloh Muchson, Ketua PC Muslimat NU Hj. Nasirotuddiniyah, serta dihadiri pengurus PAC Muslimat NU se Kabupaten Cilacap.

Ketua PC Muslimat NU Cilacap dalam laporannya menuturkan bahwa pembangunan gedung muslimat NU Cilacap menelan biaya Rp 1.000.411.263,-. Dana tersebut berasal dari hibah pemerintah dan swadaya muslimat NU se Kabupaten Cilacap melalui Kartu Infak Muslimat.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji Menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Muslimat NU Cilacap

Lebih lanjut  Hj. Nasirotuddiniyah menyampaikan bahwa selain sebagai kantor Sekretariat PC Muslimat NU, gedung ini  juga dipergunakan sebagai Kantor beberapa organisasi dibawah PC Muslimat NU antara lain Koperasi Anisa Muslimat NU, Yayasan Pendidikan Muslimat NU, Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU, Yayasan Haji Muslimat NU, Yayasan Daiyah dan Majelis Taklim Muslimat NU. Disamping perkantoran gedung ini digunakan pula sebagai sarana dakwah muslimat.

Dalam sambutannya penasehat GOW Teti Rohatiningsih menyampaikan selamat atas diresmikannya gedung Muslimat NU Cilacap, dengan gedung baru diharapkan ada semangat baru Muslimat NU untuk senantiasa membantu kemaslahatan umat.

“Saya berharap dengan dengan ditempatinya gedung baru ini ada semangat baru dari muslimat NU Cilacap untuk senantiasa istiqomah dan ikhlas dalam membantu kemaslahatan umat,” kata Teti Rohatiningsih.

Lebih lanjut Teti memberikan apresiasi kepada muslimat NU Cilacap yang telah memberikan banyak kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia Kabupaten Cilacap. Teti juga berharap pemberdayaan perempuan oleh muslimat NU dapat terus ditingkatkan melihat potensi perempuan yang semakin meningkat di kancah pemerintahan.

Kemitraan NU Dengan Pemerintah

Dalam kesempatan tersebut, ketua PCNU Cilacap KH Nasrulloh Muhson menyampaikan sambutan dan pengarahan. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Pemda Cilacap yang telah memberikan APBD sehingga proses pembangunan gedung Muslimat menjadi sangat terbantu.

Selanjutnya, KH Nasrulloh menuturkan sejarah berdirinya Muslimat NU. Beliau menuturkan bagaimana Muslimat NU turut berkiprah dalam proses berdirinya Negara Indonesia. Untuk itu, Organisasi Muslimat NU harus bisa menjalin hubungan baik dan bermitra dengan pemerintah sesuai dengan tingkatannya.

Lebih lanjut, ketua PCNU Cilacap ini menegaskan bahwa pemikiran NU haruslah selevel dengan pemerintah. Karena NU telah berkontribusi terhadap Negara dari awal proses berdirinya.

“ NU telah melahirkan Indonesia, NU telah melahirkan Pancasila. Maka dari itu, NU dan Muslimat NU di dalamnya, harus bermitra dengan pemerintah untuk membangun Indonesia dan mempertahankan NKRI”, tegas KH Nasrulloh

Kontributor : Mudiah (Sekretaris PC Muslimat NU Cilacap)

About Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 + 19 =