Badan Otonom NU

MATSAMA dan MAKESTA PK MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi 2022

Menyambut tahun ajaran baru, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) 01 Jeruklegi menyelenggarakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nadlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) MTs Maarif NU Jeruklegi

Pelaksanaan MATSAMA dan MAKESTA selama enam hari mulai hari Senin–Sabtu, 18–23 Juli 2022. Kegiatan berpusat di MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi. Serangkaian kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara pihak sekolah madrasah dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama  (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jeruklegi.

Kegiatan MATSAMA yang rutin setiap awal tahun ajaran baru untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada para peserta didik baru. Sementara itu, pelaksanaan MAKESTA kali ini bertujuan melanjutkan roda organisasi Pimpinan Komisariat (PK) IPNU IPPNU di MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi.

Selain itu, MAKESTA di MTs merupakkan bentuk kegiatan wajib, mengingat masuk dalam jadwal kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sebab di dalam kegiatan terdapat pengenalan nilai-nilai ke-NU-an, ahlussunnah wal jamaah, keorganisasian, dan materi-materi lainnya yang penting.

“Di luar materi keaswajaan, kita juga memberikan materi Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dari pihak PUSKESMAS,” kata Wakil Majelis Cabang (MWC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Jeruklegi Muhtarom.

Baca juga PK MTs Nurul Huda Karangpucung Digelar

Apresiasi Pihak Sekolah

Kegiatan di tiga hari awal diisi dengan pengenalan guru-guru di MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi, pengenalan lingkungan sekolah, sosialisasi kegiatan ekstra di madrasah, dan bakti sosial. Sementara di tiga hari berikutnya, peserta mengikuti MAKESTA yang diisi penyampaian materi sesuai pedoman pelaksanaan MAKESTA.

Kegiatan MATSAMA dan MAKESTA mendapat apresiasi dari pihak sekolah. Hal ini mengingat banyaknya pengetahuan baru yang tersampaikan pada kegiatan tersebut. Pihak sekolahpun mengucapkan rasa terimakasihnya kepada PAC IPNU IPPNU Jeruklegi yang telah bersinergi dengan baik.

“Kami atas nama kepanitiaan memberikan apresiasi luar biasa atas terlaksananya MATSAMA dan MAKESTA selama 6 hari ini. Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PAC IPNU IPPNU Jeruklegi,” tutur Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Ngasykariah.

Kontributor : Charisma Fatimah Azzahro
Editor : Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ten + 12 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button