Marwah Seni Karangrena di Gebyar Budaya K3P 2023

NU CILACAP ONLINE – Kampung Kreatif Karisma- disingkat (Karangrena Istimewa) Pertamina (K3P) melaksanakan Gebyar Budaya tahun 2023 pada Sabtu (25/11) di Kompleks Panggung Hiburan K3P di Desa Karangrena, Kecamatan Moas, Kabupaten Cilacap.

Ketua Kampung Kreatif Karisma Pertamina (K3P) Basith Wahib mengatakan Gebyar Budaya K3P 2023 merupakan upaya memasilitasi menjaga marwah seni budaya bersama CSR (Corporete Sosial Responsibility) Pertamina Fuel Terminal Maos khususnya di Desa Karangrena.

Seni budaya telah menjadi tulang punggung budaya yang mengakar di Karangrena. K3P di dukung pertamina FT Maos mencoba memfasilitasi itu” Kata Basith

Basith Wahib yang juga sekertaris di Lembaga Kesehatan Nahdatl Ulama (LKNU) Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cilacap juga membeberkan perihal potensi seni budaya di Karangrena yang harus terus di jaga keberlangsungannya.

“Tanpa adanya kepedulian pada keberlangsungan seni budaya. Kedepan budaya tidak akan pernah lestari”. Kata Basith kepada NU Cilacap Online pada Sabtu (25/11).

Sebab itu kata Basith Wahib;  lewat K3P dan didukung Sanggar Sarakerta, yang merupakan sanggar bentukan K3P untuk program seni budaya bersama CSR Pertamina Fuel Terminal Maos keberadaannya bertujuan memberdayakan produktivitas seniman di Desa Karangrena.

Baca juga KAWISTA Mernek Maos Kenalkan Wisata MABIT

Dukungan dari Pemerintah Desa dan Pertamina

Gebyar Budaya K3P 2023 yang menampilkan sejumlah kesenian seperti tradisonal Ebeg, Tari Gambyong, Tari Baladewaan dan Ketoprak. Semua itu ditampilkan oleh grup-grup kesenian, para seniman yang tergabung dalam naungan Sanggar Sarakerta langsung dikelola divisi kesenian K3P.

Kepala Desa Karangrena Rasito dalam sambutan pembukaan Gebyar Budaya K3P 2023 pada Sabtu (25/11) menyatakan dukungan terhadap kesenian dan program-program lain K3P guna membangun dan memberdayakan masyarakat dalam hal ekonomi kreatif di Desa Karangrena.

“Pemerintah desa akan selalu mendukung K3P menjadi pioner ekonomi kreatif, yang mandiri dan profesional berbasis kebudayaan”. kata Rasito

Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa pihaknya sebagai pemerintah desa kedepan. Berkomitmen akan memproyeksikan infrestrukture mengoptimalkan potensi lain K3P seperti Wisata Susur Sungai Serayu yang sedang dalam tahap pembangunan.

Senada dengan hal tersebut. Staff CSR atau Corporite Social Responsibility Pertamina Fuel Terminal Maos, Muhson juga akan terus melakukan pendampingan sebagaimana K3P merupakan binaan CSR pertamina Maos.

“Dengan potensi apapun dari seni budaya, pariwisata, potensi ekonomi kreatif¬† lainnya di Karangrena. CSR pertamina siap terus mendukung penuh K3P” kata Muhson di Acara Pekan Budaya K3P 2023 pada Sabtu (25/11).

Seperti diketahui K3P atau Kampung Kreatif Karisma Pertamina yang digagas dan mulai dibangun pada awal tahun 2020 lalu memberdayakan kelompok masyarakat dalam hal ekonomi kreatif.

Baca juga Gebyar Senyum Muharram NU Care LAZISNU, Ini 9 Agendanya

K3P dibuka pertama kali ditahun yang sama pada tahun 2020 dengan berbagai program pemberdayan masyarakat seperti Pasar Kuliner Rakyat, Pertunjukan Seni, dan Wisata Edukasi Budaya.

Namun seiring pandemi Covid-19, K3P seperti tempat wisata pemberdayaan masyarakat lain. K3P juga sempat mengalami vakum.

Baca juga Pertashop Pesantren Diresmikan Habib Luthfi Dan Erick Thohir

Lewat Gebyar Budaya yang dilakukan K3P setiap tahun menampilkan kreativitas seni binaan Sanggar Sarakerta menggali potensi kesenian.

K3P terus melanjutkan program-program pemberdayaan masyarakat lainnya selain seni budaya, yang juga di dukung oleh Pertamina Fuel Terminal Maos seperti potensi Pariwisata Susur Sungai Serayu untuk menadi kawasan Desa wisata yang mandiri dan profesional. (Toto/Naeli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button