Lembaga NU

Lepas Relawan Ke Cianjur, NU Cilacap; Ini Bagian Mandat Sosial

Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap Khazam Bisri melepas rombongan relawan NU Cilacap Peduli menuju areal bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat pada Rabu pagi (23/11/2022). Rombongan berjumlah 17 orang 12 orang anggota Bagana, 2 orang pendekar Pagar Nusa, dan 5 orang staff NU Care LAZISNU.

Khazam Bisri mengungkap bahwa keberangkatan relawan ke Cianjur merupakan bagian dari mandat sosial PCNU Cilacap melalui NU Cilacap Peduli.

“Sudah menjadi program PCNU Cilacap saat terjadi bencana di suatu daerah untuk membantu dan mengirim bantuan. Ini adalah bagian dari mandat sosial PCNU Cilacap melalui NU Cilacap Peduli,” katanya.

Kepada relawan yang bertugas Gus Khazam demikian ia disapa berpesan agar selalu berkoordinasi dengan PCNU Cianjur dan PWNU Jawa Barat dalam melakukan aksi sosialnya.

“Kepada relawan NU Cilacap peduli yang dikoordinir teman-teman Bagana dan NU Care LAZISNU untuk selalu berkoordinasi kepada PCNU Cianjur dan PWNU Jawa Barat. Karena mereka yang lebih lebih tahu kondisi lapangan. Relawan cilacap sifatnya hanya membantu,” pesannya.

Kibarkan Bendera NU Di Daerah Bencana

Rombongan relawan Cianjur NU Cilacap Peduli membawa 5 unit armada yang terdiri dariMobil TRC LAZISNU Cilacap, Mobil klinik LAZISNU Cilacap,  Mobil Dapur halal berjalan (logistik) LAZISNU Cilacap, Mobil operasional LAZISNU Cilacap, dan Mobil bak terbuka GP Ansor Cilacap.

baca juga

Kepada NU Cilacap Online Ketua NU Care LAZISNU Cilacap H Wasbah Samudra mengatakan bahwa selain mengirim relawan, PCNU Cilacap juga membawa bantuan berupa Logistik berupa beras sayur dan bumbu-bumbuan, tenda pengungsian, tenda kerucut, genset, dan obat-obatan.

Relawan Cianjur

Wasbah menuturkan bahwa relawan akan melakukan gerakan sesuai dengan roadmap yang telah disusun oleh NU Peduli Cianjur.

“Di sana relawan akan bergabung dengan tim NU Peduli PCNU Cianjur dalam membantu bencana. Kami melakukan gerakan sesuai dengan road map yang telah ditentukan oleh PCNU Cianjur. Kami juga bergabung dengan NU Peduli Jawa tengah. Sesuai dengan road map, akan melakukan evakuasi, pendirian posko dan dapur umum,”  jelas Wasbah.

Wasbah mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mengulurkan bantuannya untuk membantu korban gempa di Ciajur.

“Saya sampaikan terima kasih kepada para donator yang  telah menggalang donasi melalui koin NU. Harapannya  bisa membantu sekecil apapun masyarakat yang tengah tertimpa bencana,” kata Wasbah.

Wasbah juga mengungkap bahwa gerakan relawan ini sekaligus menjadi identitas Nahdlatul Ulama di daerah  bencana.

“Ini adalah identitas sekaligus bukti bahwa NU hadir di daerah bencana. Gerakan ini juga satu bentuk implementasi dari latihan-latihan yang kita lakukan sebagai upaya meningkatkan kapasitas relawan NU Cilacap Peduli dalam penanganan bencana di lapangan,” tegas Wasbah. (Naeli Rokhmah)

 

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button