Khutbah

Khutbah Idul Fitri, Lebaran Tanpa Mudik [Dan Hikmahnya] .pdf

Khutbah Idul Fitri kali ini mengambil tema tentang Lebaran Tanpa Mudik, Khutbah Idul Fitri ini pendek, singkat dan padat, bisa dibaca di Handphone dan dijadikan materi Khutbah Idul Fitri di rumah (bagi yang melaksaakan Shalat Id di rumah), tersedia dalam bentuk file pdf, di akhir pengantar ini.

Ya, menjelang Lebaran Idul Fitri masyarakat kita memang punya tradisi mudik; pulang kampung untuk silaturrahmi dengan sanak, keluarga, tetangga dan sahabat. Tahun ini pemerintah menetapkan aturan untuk tidak mudik.

Tujuannya untuk membatasi penyebaran covid-19. Tapi dari sisi yang lain, aturan ini bisa menghindari kemungkinan terjadi hal yang menimbulkan iri dan geram dari orang-orang di kampung terhadap tingkah laku, sikap dan penampilan kita. Maka aturan untuk tidak mudik lebaran itu menjadi sangat relevan

Banyak sekali hikmah, pelajaran dan makna yang dapat kita petik dari mewabahnya covid-19. Diantaranya, kita semakin yakin bahwa Allah sungguh Maha Kuasa dan Allah Maha Besar, dapat menjadikan dunia dan seisinya bertekuk lutut dengan yang ditetapkan-Nya. Kita juga semakin sadar dan harus mau mengakui kalau manusia itu sebenarnya tidak berdaya.

Mau sepintar apapun, sekaya apapun, sesehat apapun, ternyata ketika didatangkan wabah virus menjadi lemah dan tidak berdaya. Hanya dengan makhluk yang sekecil virus itu, banyak orang menjadi tak berdaya. Banyak orang jatuh sakit, dan bahkan meninggal dunia. Ini menunjukkan bahwa manusia tidak selayaknya menyombong-kan dan membanggakan dirinya.

Meski masih di tengah pandemi kita patut bersyukur, kita masih diberi kesempatan untuk merasakan kebahagiaan dan kekuatan untuk merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Insya Allah. Semoga kita dianugerahi kesehatan dan umur panjang sehingga dapat kembali menikmati kelezatan ibadah pada Ramadhan-ramadhan yang akan datang.

Kita sudah merasakan, berkah wabah ini keluarga inti kita bisa lebih dekat lagi, maka marilah di Idul Fitri ini kita saling memberi maaf sehingga rahmat Allah mengucuri keluarga kita, orang tua kita, saudara kita sesama muslim, anak bangsa dan manusia. Dengan berkah Ramadhan dan wabah ini pula semoga keluarga kita dan orang tua kita menjadi ahlul jannah.

Khutbah Idul Fitri, Lebaran Tanpa Mudik [Dan Hikmahnya] ditulis oleh Z. ARIFIN JUNAIDI, Pengasuh Pondok Pesantren AL ITTIHAD Poncol Kabupaten Semarang, Ketua Lembaga Pendidikan Maarif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Khutbah Idul Fitri, Lebaran Tanpa Mudik [Dan Hikmahnya] file pdf bisa didownload DI SINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × three =

Back to top button