Jejak Ulama

KH Yunani (Mbah Yun), Role Model Alumni Al Ihya Ulumaddin

KH Yunani NH, Pengasuh Pondok Pesantren Nururrohman Sirau Banyumas. atau Mbah Yun sapaan masyarakat umum kepadanya adalah Role Model Alumni Santri Pondok Pesantren Al Ihya Ulumadin Kesugihan Cilacap.

Kata Mbah berarti seseorang yang sudah dianggap Sepuh (Tua). Bisa saja dipanggil Mbah itu karena takaran umur yang sudah senja, ada pula panggilan mbah itu karena secara Keilmuan (Agama) matang, bisa juga panggilan Mbah karena sering dimintai tolong sama masyarakat.

KH Yunani NH atau Mbah Yun, adalah dalam kategori umur belum begitu senja akan tetapi secara keilmuan (terutama Ilmu Agama) sudah matang.

Di samping itu Mbah Yun adalah pesohor orang yang dimintai sawab atau lantaran baik untuk pengobatan, masalah dagangan, masalah jodoh bahkan kadang ada yang masalah sangat private.

Beliau pernah dan bahkan sering didatangi pesohor nasional macam arrtis atau tokoh nasional untuk sowan dan meminta nasehat beliau.

Santri Kinasih

KH Yunani, semasa nyantri di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumadin Kesugihan Cilacap adalah salah satu Santri Kinasih Pengasuh Pondok Pesantren Al Ihya Ulumadin Syaikhina Wamurobbiruhina KH Achmad Mustholih Badawi. Mbah Yun, bahkan sering ditimbali Romo Kiai untuk menjadi badal pengajian dan lainya pada waktu itu.

Ketika memberi sambutan pada Acara Silaturahim Nasional Failaya di Lampung, KH Yunani yang sekaligus Ketua Umum Failaya mengatakan; Suatu ketika 10 hari sebelum Simbah KH Achmad Mustholih Wafat beliau ditimbali ke ndalem.

Dan Romo Kiai Musholih memberi wasiat ; Yun (sapaan Mbah Yun) kowe aja sekali kali kesuh/benci karo santri yang kelakuane blejud, dan jangan sampai membuat santri tersebut marah, begitu kira kira sambutan Mbah Yun, menirukan kalimat Wasiat Syaikhina Wamurobbiruhina KH Mustholih Badawi.

Bagi santri, ditimbali pengasuh dan apalagi diberi wasiat adalah hal yang sangat luar biasa. Bisa dibilang suatu anugerah keberkahan dari Sang Kiai kepada Santri.

Dan untuk menjadi santri Kinasih Kiai adalah tentu melalui proses Prihatin dan Riyadloh yang ikhlas dan luar biasa. Tidak semua orang atau bahkan hanya manusia Pilihan yang bisa melakukan itu.

Sebagai Role Model

KH Yunani, adalah salah satu contoh figur yang selama ini menjadi Role Model bagi para Alumni Santri Al Ihya Ulumadin Kesugihan Cilacap, baik dari segi Keta’dzimanya kepada Muasis Pondok dan para Masyayikh Ma’had Al Ihya Ulumadin, Para Pengasuh juga sampai sekarang khidmahnya kepada Pondok Pesantren yang masih melekat.

Ketika acara Tri Wulanan Failaya di MA Al Ittihad Sudareja, KH  Yunani dalam sambutanya mengatakan bahwa Kepengurusan Failaya Pusat sudah mau habis, sehingga memerlukan regenerasi.

Pada saat yang sama juga salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Al Ihya Ulumadin dalam memberi tausyiyah mengatakan, bahwa Kepemimpinan Failaya Pusat kelihatanya kedepan tinggal mengukuhkan lagi Kiai Yunani menjadi Ketua Umum Failaya Pusat.

Dilihat dari situ bahwa KH Yunani merupakan Top Figur yang belum bisa tergantikan dalam kepemimpinan Failaya (Forum Alumni Pondok Pesantren Al Ihya Ulumadin) Kesugihan Cilacap.

Semoga saja KH Yunani atau Mbah Yun, selalu diberi kesehatan agar bisa menjalankan tugas tugas beliau. Dan bagi saya beliau juga adalah guru, mentor sekaligus panutan bagi banyak orang, dan Role Model bagi para Alumni Al Ihya Ulumadin Kesugihan Cilacap.

Kiranya, saya khususnya hanya bisa benar benar berharap bisa mencontoh beliau dalam berhidmah kepada Pesantren.

Kawunganten, 24 Januari 2023
Akhmad Salim Alumni Al Ihya Ulumadin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button