Begini Suasana Santri Ikuti UTS UNUGHA Berbasis Online

NU CILACAP ONLINE – Suasana Darul Atiq beberapa hari ini ramai oleh santri yang sibuk beraktifitas dengan ponsel pintar dan laptop; mereka adalah para santri berstatus mahasiswa yang tengah menjalani Ujian Tengah Semester (UTS) berbasis online yang digelar oleh Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap. .

Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal berbasis online yang diselanggarakan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap telah dilaksanakan sejak Kamis kemarin (27/10/2022). Sistem ujian Online ini mengakibatkan para mahasiswa mengerjakan Ujian di kediaman masing-masing. Para mahasiswa pun mengikuti ujian secara daring tak terkecuali para mahasiswa yang berstatus santri.

Nantinya Ujian ini akan berlangsung selama 6-7 hari, sesuai dengan jumlah mata kuliah permasing-masing semester. Terdapat enam sesi pelaksanaan ujian yang disediakan oleh pihak kampus yang terbagi berdasarkan tingkat semester secara acak. Mulai dari sesi 1 pada pukul 08.00 WIB sampai sesi 6 atau sesi akhir pada pukul 17.00 WIB.

Sistem Ujian berbasis Online ini bukan kali pertama yang diadakan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap. Melainkan ke 5 kalinya semenjak pandemi Covid-19 berlangsung.

Hal ini juga yang harus dijalani oleh para mahasiswa bertempat tinggal di Pondok Pesantren. Diketahui bahwa ada beberapa pesantren yang bekerjasama dengan pihak kampus menampung para santri berstatus mahasiswa seperti Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin, APIK, Asasunnajah, Ainul Huda, dan Al Fiel.

Di antara pesantren itu, Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin adalah pesantren terbesar sekaligus menampung mahasiswa UNUGHA terbanyak. Mahasiswa dan Mahasiswi di Pesantren ini melaksanakan Ujian secara terpisah.

Baca juga

Banyak Kendala Dihadapi

UTS Gasal berbasis online bukan tanpa kendala. Tidak sedikit para mahasiswa mengeluh karena menghadapi berbagai masalah pada sistem Ujian. Dwi Rohmah salah satunya. Mahasiswi semester 5 Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UNUGHA mengaku kesulitan akses saat log in.

“Sudah berulang kali Saya mencoba untuk Log In, tapi tetap saja sistemnya error,” ungkap Dwi.

Selain kesulitas log ini karena errornya sistem, beberapa mahasiswa juga mengeluhkan terkait koneksi internet.

“Koneksi Internet di Handphone saya kurang bagus. Sehingga saya mengalami kesulitan pada saat akan menyimpan jawaban dan beralih ke soal selanjutnya,” keluh Diana teman sekelas Dwi.

Terlepas dari kendala yang dialami oleh beberapa mahasiswi, UTS yang diikuti dari gedung Darul Atiq (DA) ini berjalan lancar dengan suasana tenang. Mahasiswa juga merasa puas dengan prosesnya pada saat Ujian.

“Alhamdulillah, saya telah mengerjakan ujian dengan baik. Soal-soal yang ada juga sesuai dengan materi yang disampaikan oleh Dosen,” sambung Diana.

Sebagian besar mahasiswi juga merasa senang dengan adanya pelaksanaan Ujian berbasis Online ini.

“Saya merasa senang dengan pelaksanaan Ujian Online ini, karena dapat dikerjakan dalam situasi apapun,” pungkas Diana.

Darul Atiq sendiri adalah sebuah ruang serba guna milik Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Kesugihan Kabupaten Cilacap.

Kontributor: Diana Putri
Editor: Naeli Rokhmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button