Taushiyah

6 Ciri Khas Dakwah Nahdlatul Ulama (NU), Apa Saja?

Dakwah Islamiyah menjadi salah satu konsentrasi organisasi Nahdlatul Ulama (NU), dan sekurang-kurangnya ada 6 (enam) ciri khas dakwah Nahdlatul Ulama (NU). Guna mendukung dan mengimplmentasikan dakwah Islam, NU membentuk sebuah lembaga yang diberi nama Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama, disingkat LDNU.

Lembaga Dakwah Nahdaltul Ulama (LDNU) ada pada tingkatan PBNU, PWNU, PCNU dan MWCNU, namun pembentukannya disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, sesuai AD ART NU. Di tangan LDNU inilah dakwah Islam ala NU dikemas dan dilaksanakan dengan metode dakwah yang beragam.

Dakwah Islam ala NU, dengan isi dan pesan-pesan keislaman, ditempuh dengan beberapa metode; antara lain, metode Fardiyah (orang per orang), metode Ammah (kepada khalayak umum), metode bil Lisan (ceramah, taushiyah), metode bil hal (mengedepankan perbuatan nyata), dan metode dakwah bit-Tadwin (tulisan, penerbitan), juga metode dakwah bil Hikmah (dengan pendekatan khusus).

Kata dakwah merupakan bentuk masdar (kata benda) dari kata kerja da’a-yad’u, yang berarti panggilan, seruan atau ajakan. Sehingga dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah SWT sesuai garis akidah, syariat dan akhlak Islam.

Demikianlah, bahwa Dakwah Nahdlatul Ulama melalui LDNU, atau melalui orang per orang pengurus NU, disampaikan secara terus menerus dengan berbagai macam pendekatan dan metode. Sehingga, dakwah NU memiliki ciri khas tersendiri, untuk dibedakan dengan ciri dakwah organisasi selain NU.

Ke 6 Ciri Khas Dakwah Nahdlatul Ulama (NU) adalah;

  1. Ciri khas dakwah Nahdlatul Ulama (NU), selalu diniatkan untuk meninggikan kalimat Allah SWT dalam menyebarkan Risalah Nabawiyah Ahlussunnah Wal al Nahdliyah.
  2. Misi dakwah untuk mewujudkan ajaran Islam Rahmatan lil Alamin
  3. Meneguhkan karakter Islam Nusantara, yang sejuk dan berkeadaban yang menjadi salah satu ciri utama NU
  4. Konten dakwah Nahdlatul Ulama bersumber dari al Qur’an, Hadis, dan fatwa ulama yang kredibel melalui jalur sanad keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, dunia dan akhirat.
  5. Ciri khas dakwah Nahdlatul Ulama (NU) mengedepankan cara-cara yang ma’ruf dan bijak (bi al hikmah).
  6. Ciri khas dakwah Nahdlatul Ulama (NU)disampaikan dengan diksi dan paparan yang mudah dimengerti semua kalangan.

Ke 6 Ciri Khas Dakwah Nahdlatul Ulama (NU) di atas pernah disampaikan oleh KH Agus Salim HS, Ketua LDNU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam satu kesempatan Istighotsah secara virtual.

Dalam taushiyahnya, disampaikan bahwa akhir akhir ini kita menyaksikan bahwa agama Islam senantiasa dilekatkan dengan aksi aksi kekerasan, marah marah, ujaran ujaran kebencian, provokasi, dan sungguh memiriskan kita bahwa memang sekelompok umat Islam ini selalu saja gemar mengangkat simbol simbol agama untuk tujuan atau kepentingan mereka tersebut.

Bagi KH Agus Salim HS, fenomena di atas tidak sejalan dengan karakter dan ciri keislaman Nahdlatul Ulama. Oleh karena itu, Ulama Nahdliyin, termasuk yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama, harus memperhatikan etika dan cara berdakwah agar berbeda dengan kelompok yang melakukan aksi kekerasan tersebut diatas. Etika dakwah harus dijaga di ranah manapun, termasuk jalan dakwah melalui media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 − 12 =

Back to top button