Trending

Nurul Badruttamam: Kiai Muda, Sekretaris LD PBNU Asal Cilacap

NU CILACAP ONLINE – KH Nurul Badruttamam sukses mengawal program Literasi Digital, pria asal Cilacap itu saat ini menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU). Berikut profil lengkapnya.

KH Nurul Badruttamam, MA. seorang tokoh yang menginspirasi dan berpengaruh dalam dunia dakwah dan pelayanan masyarakat. Lahir di Cilacap pada tanggal 2 Februari 1978.

Kiai Nurul panggilan akrabnya memiliki semangat yang tak pernah padam untuk terus berkontribusi. Baik bagi masyarakat dan agama maupun dakwah di Nahdlatul Ulama (NU).

Pendidikan

Pendidikan formalnya di SDN V Maoslor Maos Cilacap, kemudian melanjutkan SMP di Ya Bakii Kesugihan Cilacap Jateng dan MAN Jombang Jatim. Setelah itu, Nurul Badruttamam meraih gelar Sarjana (S1) dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Fakultas Dakwah Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).

Selanjutnya, ia melanjutkan studi S2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan konsentrasi Dakwah dan Komunikasi. Tak berhenti di situ, Kiai Nurul kemudian melanjutkan studi doktoralnya di Jakarta.

Selain pendidikan formal, Kiai Nurul juga mengenyam pendidikan non-formal di berbagai Pondok Pesantren, antara lain di Al-lhya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap Jateng, Pesantren Al-Mimbar Sambongdukuh Jombang Jatim, Pesantren Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta, dan Darul ‘Abidin – Darul ‘Abidin English Club (DEC) Tulungrejo Pare Kediri Jatim.

Mengawali kiprahnya sebagai CPNS di Inspektorat Jenderal kementerian Agama pada Tahun 2019. Nurul telah menempati berbagai posisi strategis, termasuk sebagai Kasubbag Ortala, Kasubbag TU dan Humas, Subkoordinator TU dan Humas dan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pranata Humas Ahli Muda hingga sebagai Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum.

Kontribusi KH Nurul Badruttamam pada Kementerian Agama tak perlu diragukan. Berbagai inisiasi program dan kegiatan terlahir dari buah pikirnya untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas pengawasan.

Dakwah di Media

Nurul juga aktif berdakwah di media elektronik dan media sosial. Berbagai media nasional telah disambanginya dari Serambi Islami TVRI, Cahaya Hati Indonesia – iNews TV, Aksi Indosiar, Republika, NU Channel, TV NU, Risalah Iman – Elshinta TV, Metro TV, Radio Elshinta, Radio Rasil, NU Online, Kalam SindoNews.Com, RRI, Salaam Indonesia, Majelis Taklim, Ormas-Ormas, Pengajian-Pengajian, hingga Kementerian/Lembaga/BUMN.

KH Nurul Badruttamam LD PBNU

Di bidang pengelolaan media sosial dan website, Nurul menjadi Pimpinan Redaksi Website Itjen Kemenag, Buletin ItjenNews, dan Majalah Fokus Pengawasan sejak tahun 2009. Ia juga terlibat dalam berbagai program dan inisiatif terkait pengawasan dan penyuluhan masyarakat.

Baca juga Sejarah LDNU, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama

Terakhir dua website andalan di bidang dakwah yaitu JagatNU.com dan akhlakbangsa.com lahir dari tangan kreatif Nurul Badruttamam.

Kiprah di Organisasi

Kiai Nurul Badruttamam juga memiliki kiprah dalam berbagai organisasi dan pengabdian, termasuk menjadi Ketua OSIS MAN Jombang, Wakil Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta Wakil Sekretaris Jenderal dan Wakil Ketua Korp Da’i Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI). Ia juga aktif di MUI dan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI).

Baca juga Kiai Muda Kawunganten: Mengalirkan Keberkahan Berorganisasi

Sejak tahun 2005, KH Nurul Badruttamam aktif dalam Lembaga Dakwah PBNU dan kini menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU hingga 2027. Selain itu, beliau juga salah satu pengasuh Pondok Pesantren Mardhotillah Jakarta dan Ketua Yayasan Ma’hadul Islam Mardhotillah di Jakarta sejak 2006 hingga sekarang.

Pengalaman dan dedikasinya yang luar biasa terlihat dari berbagai jabatan yang pernah diemban. Ia menjadi Sekretaris Lembaga PBNU, Wakil Sekretaris PWNU Provinsi DKI Jakarta dan Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa MUI (PDPAB MUI) Dewan Pimpinan MUI Pusat dari tahun 2020 hingga 2025.

Baca juga Sosok Pendakwah Gus Isa Bin KH Ahmad Mustholih Badawi

Tidak hanya itu, Kiai Nurul juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Komisi Dakwah – Dewan Pimpinan MUI Pusat dalam kurun waktu yang sama.

Selain itu, Kiai Nurul juga memiliki pengalaman dalam penugasan haji di Arab Saudi. Termasuk sebagai Tim Pelaksana Bimbingan Ibadah, Tim Pelaksana Perumahan. Kepala Sektor Terminal Hijrah, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Airport Jeddah Madinah. Kepala Sektor (Kasektor) 10 Daker Makkah, dan Ketua Tim Pemantau Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah – Itjen Kemenag 2013 dan 2022.

KH Nurul Badruttamam Cilacap

Dakwah di Luar Negeri

Di tahun 2023 ini pengalaman luar negeri yang pernah KH Nurul Badruttamam ikuti. Di antaranya Short Course Da’i Internasional Lembaga Dakwah PBNU – Tadribuddu’at di Turki dan Lebanon. Da’i Internasional Lembaga Dakwah PBNU di Hong Kong. Short Course Itjen Kemenag “Enhancing Human Resourses Capacity – Collaborative Public Management” at Western Sydney University Australia.

Baca juga KH Nurul Badruttamam Khutbah Idul Fitri di Taiwan

Meski di tengah kesibukannya dalam karir dan dakwah, Kiai Nurul adalah sosok family man dan penyayang keluarga. Suami dari mba Nyai Hj Lulu Lutfiah ini selalu menghabiskan waktu senggangnya bersama tiga buah hatinya. Dan tak segan menunjukkan kemesraannya bersama keluarga.

KH Nurul Badruttamam adalah sosok yang berdedikasi tinggi, visioner, dan berpengaruh bagi masyarakat. Melalui berbagai jabatan dan perannya dalam berbagai organisasi, terus berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi agama, masyarakat. Juga pelayanan publik. (Naeli Rokhmah)

Baca juga Dakwah Yang Merangkul, Bil Hikmah dan Mauidlatul Hasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button