Badan Otonom NU

PAC Fatayat NU Kawunganten Gelar Seminar Literasi Digital

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kawunganten menggelar Seminar Literasi Digital dengan tema “Menyongsong Satu Abad NU Menuju Generasi Muda Cakap Digital” di GOR MTs Negeri 3 Kawunganten Cilacap yang diikuti oleh 200 peserta seminar, Kamis (14/7/2022).

Ketua PAC Fatayat NU Kecamatan Kawunganten Nurhalimah, S.Ag. menuturkan bahwa transformasi digital dinilai dapat membentuk sikap masyarakat untuk menghargai dalam penggunaan medsos, informasi yang disebarkan harus bijak dan harus aktual, faktual, dan kredibel.

“Seminar ini bertujuan untuk mengedukasi khususnya generasi muda NU di wilayah Kecamatan Kawunganten tentang urgensi dan strategi-strategi untuk membangun budaya literasi digital dengan baik di era digital saat ini,” tuturnya.

Selain itu, untuk membangun kesadaran serta pengetahuan masyarakat, khususnya generasi muda tentang pemanfaatan media sosial yang bijak, benar, produktif dan tepat guna.

“Dengan kehadiran Literisasi Digital kita tidak akan ketinggalan, seiring kemajuan jaman dan lndonesia Harmonis, Bersatu, Makin Cakap Digital, Makin Maju Indonesia,” tambah Nurhalimah.

Apa itu Literasi Digital?

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat.

Literasi digital juga merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitif (semua aktivitas mental yang membuat suatu individu mampu menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu peristiwa, sehingga individu tersebut mendapatkan pengetahuan setelahnya) dan teknikal.

Baca Juga : Inisiator Digitalisasi KOIN NU

Adapun materi yang diberikan antara lain, edukasi literasi digital bagi generasi muda, urgensi literasi digital di era masa kini dan strategi membangun budaya literisasi di era digital.

Kegiatan Seminar Nasional Literasi Digital ini merupakan salah satu kegiatan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang dilaksanakan di Kecamatan Kawunganten

Hadir dalam kegiatan Kepala Sekolah MTs Negeri 3 Cilacap H. Ali Nurdin, S.Ag., M.Pd.i, beserta Guru dan Karyawan, Suroso Kasi Trantibum Kecamatan Kawunganten mewakili Camat, PAC lPNU, IPPNU, PAC GP Ansor, Banser, Muslimat, Fatayat, Jajaran MWC NU Kecamatan Kawunganten dan undangan lainnya.

Kontributor : Ahmad Rusdan
Editor : Achmad Nur Wahidin

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

12 + six =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button