236 Ranting Fatayat NU Terbentuk

Sebanyak 236 Pimpinan Ranting Fatayat NU di Kabupaten Cilacap telah terbentuk dari total 284 Desa/Kelurahan yang ada. Sisa sebanyak 48 Ranting sudah terbentuk namun belum dilantik dan belum menerima Surat Keputusan Pengesahan.

Sementara untuk Pimpinan Anak Ranting Fatayat NU sudah terbentuk sebanyak 151 anak ranting yang berbasis dusun, Masjid/Musholla dan majelis taklim. Dimungkinkan, jumlah struktur masih akan terus bertambah hingga tahun 2019 ini.

Dari total kepengurusan tingkat PC, PAC, Ranting dan anak Ranting Fatayat NU, diketahui tidak kurang dari 141.687 orang pengurus dan anggota Fatayat NU se Kabupaten Cilacap. Konsolidasi struktural secara masif oleh PC Fatayat NU Cilacap dilaksanakan sepanjang periode kepengrusan 2014-2019.

Demikian antara lain yang disampaikan oleh Ketua PC Fatayat NU Cilacap, Sitti Sururiyah S.Ag., M.Si dalam kesempatan penyampaian laporan sela Rakor Akhir Tahun PCNU Cilacap, Senin (31/12) lalu.

“Sukses dan keberhasilan dalam mengemban amanat organisasi tidak lepas dari dukungan semua pihak, khususnya sahabat-sahabat Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU se Kabupaten Cilacap yang telah berkarya secara maksimal dan tulus ikhlas untuk senantiasa istiqomah,” ungkapnya.

Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para pihak di luar institusi Fatayat NU baik internal NU maupun eksternal dan pihak pemerintahan yang telah memberikan dukungan dan apresiasi kepada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PC Fatayat NU.

Kegiatan Inisiatif Fatayat NU

Konsolidasi struktural oleh PC Fatayat NU Kabupaten Cilacap dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan kegiatan, utamanya yang bersifat inisiatif, yaitu kegiatan yang memang direncanakan dan dilaksanakan oleh PC Fatayat NU baik secara mandiri maupun dengan cara bersinergi dengan Badan Otonom NU, Lembaga juga kemitraan dengan pihak pemerintahan.

Sitti Sururiyah menambahkan, ada sedikitnya 49 kegiatan inisiatif yang dilaksanakan sejak Mei sampai Desember 2018, dan tidak kurang dari 35 kegiatan partisipatif.

Khusus untuk kegiatan yang merupakan mandat dari PCNU Cilacap berupa Kajian Rutin Aswaja dengan pembacaan dan kajia Buku Fiqih Tradisionalis, dikatakannya sudah khatam/selesai di bawah asuhan KH. Shoim El Amin, L.C. “Dimungkinkan kajian aswaja akan dilanjutkan pada bulan Februari 2019, dan seterusnya,” katanya.

Menyikapi tahun 2019 sebagai tahun politik, PC Fatayat NU mengambil sikap untuk; menjaga marwah Fatayat dengan mengedepanka netralitas dan independensi lembaga; mendorong anggota untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi serta tetap menggunakan hak pilihnya.

Merujuk pada hasil refleksi akhir tahun, PC Fatayat NU merencanakan akan melaksanakan Konferensi Cabang pada tanggal 20 Januari 2019, untuk menyusun dan menetapkan program kerja, kebijakan organisasi, rumusan rekomendasi dan pengurus baru periode 2019-2024.

Atas laporan PC Fatayat NU, Drs. KH. Nasrulloh Muchson, M.H., menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya. “Model pelaporan PC Fatayat NU yang sistematis dan detail, bisa dijadikan rujukan oleh Badan Otonom dan Lembaga NU dalam menyusun laporannya,” ungkapnya.

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 4 =