MWCNU

Semarak 1 Muharram 1444 H, Ini Agenda MWCNU Bantarsari

Menyemarakkan tanggal 1 Muharram tahun 1444 H, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bantarsari telah melaksanakan beberapa agenda. Di antara kegiatan tersebut adalah istighosah kubro sekaligus malam penggalangan dana guna pembangunan Gedung MWCNU Bantarsari.

Berdasarkan kalender nasional Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram  atau Sura 1444 Hijriah  dimulai malam 29 Juli hingga malam 30 Juli 2022. Tahun Baru Islam ini tentu memiliki makna yang penuh arti dan merupakan suatu hari yang penting bagi umat muslim. Pasalnya, Tahun Baru Islam menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah. Sudah semestinya kita mencukupkan diri dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

MWCNU Bantarsari beserta seluruh Banom dan lembaga, seiring dengan telah dilonggarkannya pengetatan Darurat Covid 19, pada Tahun Baru Hijriyah 1444 ini melaksanakan beberapa agenda kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak sebagai bagian dari menggerakan jam’iyyah.

Di antara Kegiatan itu adalah doa Awal Tahun-Akhir Tahun yang dipandegani oleh IPNU IPPNU, Istighotsah Kubro pada Malam 1 Muharram, Senam Nahlatul Ulama massal yang di ikuti Santri TPQ, Madin dan Siswa Madrasah se Kecamatan Bantarsari, Gebyar Sholawat bersama Habib Ali Munawar yang dimotori oleh MDS Rijalul Ansor, Semakan Al-Quran oleh Annur dan JQH dan Pengajian Akbar 1 Muharram 1444 H bersama KH Hakim An Naisaburi, Lc Purbalingga.

Baca juga Sasi Sura dalam Tinjauan Sunnah dan Tradisi

Penggalangan Dana

Pada Malam 1 Muharram dengan agenda Istighotsah digelar oleh MWCNU Bantarsari menggelar dengan Tajuk Malam Penggalangan Dana guna untuk memulai kembali pembangunan Gedung MWCNU Bantarsari yang Progres Tahun ini adalah Pemasangan Granit dan jendela lantai dasar.

1 Muharam MWCNU Bantarsari
dok NU Cilacao Online
1 Muharam MWCNU Bantarsari
Dok. NU Cilacap Online

Hadir dalam Istighotsah tersebut adalah Pengurus Syuriyah dan Tanfidziyah MWCNU Bantarsari lengkap, Pengurus Lembaga dan Banom, Pengurus Ranting dan Anak Ranting se MWCNU Bantarsari ditambah ndangan masyarakat. Total peserta yang hadir  sekitar 150.

Bertindak sebagai Imam Istighotsah Mustasyar MWCNU K Mafakhir  dan Rois Syuriyah MWCNU Bantarsari KH Habib Musyafa , pengantar Lelang Penggalangan Dana oleh Ketua LDNU MWCNU Bantarsari K Rifai Yusuf,  Pimpinan Lelang Ketua Tanfidziyah Ranting NU Bantarsari Joko Zaedun Syafit.

Dalam Pengantarnya K Rifangi Yusuf menjelaskan menyitir Maqolah Sahabat Ali, RA : “Agama atau Dunia tidak akan sirep/hilang sepanjang masih ada 4 pilar” :
1. Orang kaya yang tidak Bakhil atas karunia Alloh yg sudah diberikan
2. Orang ‘Aalim sing bener tur ora keblinger sesuai dengan keilmuanya
3. Orang bodoh yang tidak takabur/sombong terhadap hal yg blm diketahuinya
4. Jangan sampai kaum muslimin/muslimat (warga NU) karena keseser kebutuhan dunia ditukar dengan akidahnya

Dalam Pelaksanaan Lelang Penggalangan dana Ketua Tanfidziyah MWCNU Bantarsari menyampaikan bahwa Progres Tahun ini adalah lantainisasi dan pemasangan Jendela. Dana yang dibutuhkan sebesar Rp 96.000.000. yang selanjutnya pimpinan lelang segera melaksanakan tugasnya diawali oleh para pengurus.

Alhamdulilah dalam semalam kebutuhan tersebut bisa tercukupi oleh seluruh peserta yang hadir. Mereka dengan antusiasnya sesuai dengan kemampuanya. Para munfiq diberi tenggang waktu untuk dijemput kesanggupanya selama 2 hingga 3 bulan dari pelaksanaan lelang.

Kontributor: Mungalim
Editor: Ahmad Nur Wahidin

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button