Badan Otonom NU

Pelatihan Kemasan Produk UMKM Fatayat NU Kesugihan

Puluhan Kader Fatayat NU Kesugihan mengikuti pelatihan kemasan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pelatihan ini digelar oleh Pimpinan  Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kesugihan bekerja sama dengan Fakultas Tehnik Industri (FTI) Universitas Nahdlatul Ulama Alghazali (Unugha) Cilacap, Sabtu (06/11).

Pelatihan kemasan (packaging) produk yang di selenggarakan di Ranting Keleng adalah salah satu bentuk pengembangan kerjasama antara PAC Fatayat NU Kesugihan dengan Kampus Unugha Cilacap dalam program pengabdian masyarakat. Kegiatan ini secara khusus menghadirkan konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Anisa Dian dan beberapa dosen FTI beserta mahasiswa.

Pelatihan Kemasan Produk UMKM Fatayat NU Kesugihan memperkenalkan secara langsung kepada peserta sekaligus mempraktekkan teknik pengemasan produk agar lebih menarik. Konsultan PLUT Cilacap Anisa Dian mengungkap pentingnya tehnik pengemasan produk yang baik. Karena kemasan produk yang baik akan berpengaruh pada tingkat ketertarikan konsumen sehingga mampu meningkatkan daya jual serta nilai ekonomi.

“Pada umumnya orang membeli barang akan melihat tampilan kemasannya. Tampilan kemasan tersebut akan memberikan informasi kepada konsumen tentang gambaran produk yang ada di dalamnya. Di sinilah produsen harus memperhatikan penampilan kemasan, agar semenarik mungkin di mata konsumen,” kata Anisa.

Di samping menarik konsumen untuk membeli produk, Anisa mengungkap bahwa kemasan  yang menarik juga akan meningkatkan nilai ekonomi produk.

“Barang yang sama baik jenis maupun beratnya, tapi tehnik kemasannya berbeda, maka harganya berbeda. Begitu juga sasaran pemasaran juga akan berpengaruh. Pemasaran yang tadinya hanya di warung-warung atau pasar tradisional, dengan pengemasan yang cantik sedemikian rupa, maka ia bisa masuk pasar modern sekelas swalayan. Harga jualnya pun secara otomatis naik menyesuaikan dengan barang-barang lain yang bersanding dengannya,” ungkapnya.

Fatayat NU Kesugihan Menuju Kemandirian Ekonomi

Pelatihan Kemasan Produk UMKM Fatayat NU Kesugihan mendorong kemandirian ekonomi. Ketua PAC Fatayat Kesugihan Lisa Khoiriyah mengungkap bahwa saat ini PAC Fatayat Kesugihan melalui Divisi Ekonomi tengah merintis sebuah badan usaha. Badan usaha ini merupakan usaha PAC Fatayat dalam mewujudnya kemandirian ekonomi organisasi dan anggota. Lisa berharap pelatihan ini akan meningkatkan kapasitas badan usaha tersebut.

Fatayat NU Kesugihan Menuju Kemandirian Ekonomi

Badan usaha PAC Fatayat Kesugihan adalah mengemas ulang (repacking) produk sabun liquid yang diberi label FAT Clean. Label ini disematkan untuk beberapa produk sabun cair dari sabun cuci piring, hand soap, detergen pakaian liquid, pewangi pakaian, pembersih lantai sampai hand sanitizer.

Saat ini PAC Fatayat juga sedang merambah pada bisnis makanan. Ada beberapa jenis produk makanan produksi Fatayat Kesugihan seperti abon lele, aneka keripik, ayam ungkep dan lain-lain. Produk makanan ini diberi label Food Elfaty (F2).

“Kami sangat berharap kedepan dapat meningkatkan pengembangan produk bukan hanya dalam hal repacking namun juga berproduksi. Karena kader-kader Fatayat punya potensi besar dan skill usaha,” ujarnya.

Lisa juga menuturkan bila selama ini Fatayat masih dalam tahap repacking dan menggunakan metode pemasaran online via sosmed dan juga offline dengan sistem Cash On Delivery (COD) atau bayar di tempat ke beberapa PAC lain di Kabupaten Cilacap.

“Harapan yang lain semoga kedepan PAC Fatayat NU Kesugihan mampu mendirikan koperasi yang dapat menampung hasil produksi dari ranting. Tentu memperluas jejaring baik di lingkungan Kabupaten Cilacap dan  bisamenembus pasar nasional,” pungkasnya.

Acara Pelatihan Kemasan Produk UMKM Fatayat NU Kesugihan terselenggara di Gedung TK Annisa Desa Keleng Kecamatan Kesugihan.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

nineteen − 8 =

Back to top button