Badan Otonom NU

PAC Muslimat NU Majenang Memulai Kembali Kegiatan Rutinan

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Majenang Hj Faiqoh Subky SH., M.Pd mengatakan, kegiatan rutinan PAC Muslimat NU Majenang telah kembali dimulai, Rabu (18/05) di Masjid Besar Mujahidin Majenang

“Ini adalah kegiatan awal sebagai tanda bergulirnya kembali kegiatan rutinan yang diseleggarakan oleh PAC Muslimat NU Majenang; setelah terhenti sementara waktu selama bulan suci Ramadhan. Alhamdulillah kita mulai lagi kegiatan rutin Muslimat NU,” ungkapnya.

Menurut Hj Faiqoh Subky kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PAC Muslimat NU Majenang di antaranya; setiap hari Selasa pagi pukul 07.00 s.d 09.00 ngaji kitab Al Ihya Ullumudin dengan narasumber KH. Agus Salim. Kemudian setiap hari Rabu siang pukul 14.00 s.d 16.00 dengan peserta seluruh pengurus PAC Muslimat NU dan Pimpinan Ranting Muslimat NU secara bergantian.

“Kegiatan ngaji diawali dengan pembacaan kitab Al Barzanji, lalu pengajian dengan bebarapa narasumber yang bergantian, dari mulai Rabu pertama hingga Rabu keempat,” tambahnya.

Beberapa narasumber kegiatan rutinan PAC Muslimat NU Majenang antara lain KH. Hamid Alwi (Direktur Klinik Amanu), KH. Musbihin Hasyim (Rais Syuriyah MWCNU Majenang), KH Moch Amin Jafar (Imam Besar Masjid Mujahidin Majenang), dan KH. Agus Salim (Mustasyar MWCNU Majenang).

Sementara itu, lanjut Hj Faiqoh Subky, untuk Rabu kelima akan menggundang pemateri dari luar yang berkaiatan dengan bidang tertentu, seperti mengudang tokoh politik Anggota DPRRI Teti Rohatiningsih sebagai pendidikan politik perempuan; praktisi kesehatan kandungan dr. H Tatang Mulyana, Sp.Og, praktisi hukum, Ahmad Kusoyi SH dan KH. Hizbulloh Huda SH, serta beberapa praktisi dalam bidang usaha dan bisnis.

Rutinan PAC Muslimat NU Majenang
Foto : Dok PAC Muslimat NU Majenang

Maksud dan Tujuan Rutinan

Selain rutinan hari Rabu, PAC Mulimat NU Majenang juga memiliki kegiatan rutinan Ahad Pagi; yakni ngaji murotal Al- Quran dengan asuhan Ny Tuti Murtosingah dan ngaji Kitab Tafsir Al Ibriz oleh Ny. Hj. Faiqoh Subky.

Baca juga : Menjaga Tradisi Rutinan Selapanan Kegiatan Organisasi NU

“Khusus setiap hari Ahad Wage PAC Muslimat NU Majenang menggundang seluruh Ranting Muslimat NU yang ada di Majenang sejumlah 17 Ranting. Teknisnya, secara bergantian diawali dengan semakan Al-Quran oleh 24 Hafidzoh dibawah asuhan Ny Hj Bidayah Jarir Sufya. Kemudianada pembacaan Surat Yasin dan Tahlil serta mauidhoh hasanah dengan petugas bergantian dari tiap ranting,” tambahnya.

Hj Faiqoh Subky menegaskan, seluruh kegiatan PAC Muslimat NU Majenang Kabupaten Cilacap dipusatkan di Aula Masjid Besar Mujahidin Majenang.

“Ini (amanat) sesuai dengan amanah dari para masyayikh dengan maksud untuk meneruskan perjuangan tokoh-tokoh NU yang telah bersusah payah membangun, merawat dan menjaga paham Ahlusunah wal Jamaah an Nahdliyah di wilayah majenang. Namun untuk kegiatan rutin ranting tetap di ranting masing-masing,” tegasnya.

PAC MUslimat NU Majenang Rutinan menggelar serangkaian kegiatan rutinan dengan maksud dan tujuan dalam rangka tolabul ilmi untuk bekal hidup di dunia dan akhirat sehingga bisa menjadi pribadi yang sholihah.

“Dengan mengikuti kegiatan rutin Muslimat NU, baik pengurus maupun anggota, dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam berbagai bidang. Karena selain mengaji, banyak juga kegiatan Muslimat NU di beberapa bidangtertentu; seperti kegiatan Posbindu yang bekerjasama denga Klinik Amanu Majenang sehingga kesehatan ibu-ibu muslimat NU dapat terkontrol dengan baik,” katanya.

Ny Hj Faiqoh Subky berharap kegiatan-kegiatan Muslimat NU dapat terus berjalan dengan baik serta pesertanya terus meningkat sehingga membawa kemanfaatan yang lebih luas. Kepada seluruh pengurus MWCNU Majenang, GP Ansor, Banser, serta Kader Penggerak NU untuk mengikutkan para istrinya dalam kegiatan Muslimat NU.

“Saya berharap kepada para tokoh NU, Badan Otonom NU dan Kader Penggerak NU Majenang, kiranya dapat mendorong dan memotivasi para pasangannya (isterinya), untuk mengikuti secara aktif kegiatan rutinan Muslimat NU Majenang,” pungkasnya.

Baca Juga : Sejarah Perjuangan Muslimat NU, Yuk Simak dan Renungi

Kontributor : Badrus Soleh
Editor: Munawar AM

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

fourteen − twelve =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button