Feature & Figur

Koperasi Barokah Nusa Mandiri Wujudkan Kemandirian Organisasi

Koperasi Barokah Nusa Mandiri didirikan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sampang seagai upaya wujudkan kemandirian organisasi. Bedirinya koperasi ini diawali dengan dilaksanakannya rapat anggota perdana yang diikuti oleh seluruh Lembaga dan BANOM NU se MWCNU Sampang, Jumat (5/03/21).

Bertempat di SMP Diponegoro Sampang, rapat perdana anggota Koperasi Barokah Nusa Mandiri dihadiri oleh pihak Dinas Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil & Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap yang sekaligus memberikan pembinaan kepada calon anggota dan pengurus Koperasi.

Dalam sambutannya Ketua MWCNU Sampan KH Imam Asy’ari menyampaikan “Barokah artinya adalah bertambahnya kebaikan. Nusa merupakan sebutan untuk NU Sampang serta mandiri adalah harapan kedepan agar kemandirian ekonomi Nahdliyin di Kecamatan Sampang terbangun Melalui pembentukkan usaha koperasi sebagai ikhtiar mewujudkan kemandirian organisasi”.

Koperasi dan Kemandirian Organisasi

KH Imam Asy’ari juga menyampaikan bahwa pendirian Koperasi Barokah Nusa Mandiri adalah merupakan upaya untuk pengembangan ekonomi Nahdliyin di Kecamatan Sampang.

“Pendirian koperasi di Kecamatan Sampang merupakan upaya realisasi program kerja untuk mengembangkan ekonomi umat. Dan melalui pembentukan usaha koperasi, kita berikhtiar untuk mewujudkan kemandirian organisasi”, katanya.

Rapat perdana anggota koperasi barokah nusa mandiri
Rapat perdana anggota Koperasi Barokah Nusa Mandiri dihadiri oleh semua Lembaga dan Banom NU se MWCNU Sampang

Iqbal dari DPKUKM Kabupaten Cilacap menyampaikan, adanya koperasi dalam organisasi masyarakat diharapkan bahwa ke depan koperasi di MWCNU Sampang mampu berkembang dengan baik dan menjadi percontohan bagi ormas-ormas lain.

“Harapan kami ke depan, Koperasi Barokah Nusa Mandiri akan mampu meningkatkan ukhuwah basyariah umat karena pada koperasi akan timbul gerbang kehidupan ekonomi sosial pada semua anggota”, tuturnya.

Baca Juga : Toko NUSAMART MWCNU Sampang

Rapat anggota perdana dipimpin oleh Bendahara PAC GP Ansor Kecamatan Sampang Imam Gustamto. Dalam rapat tersebut inilah tercetus nama “Barokah Nusa Mandiri” sebagai nama koperasi milik MWCNU Sampang.

“Secara filosofi pemberian nama merupakan doa terhadap perjalanan kedepan perekonomian umat dan warga NU Sampang”, jelas Gustamto.

Imam Gustamto juga menjelaskan bahwa pengelolaan koperasi juga menjadi peluang kerja bagi potensi-potensi pengelola keuangan di Kecamatan Sampang. Koperasi ini bergerak pada jasa konsumen. Harapan besar koperasi ini mampu menjadi pionir dan pemberdayaan bagi ekonomi umat.

Anggota Koperasi 140 Orang

Modal awal dari koperasi ini merupakan pengembangan dari perjalanan bidang ekonomi MWCNU Kecamatan Sampang pada usaha grosir dan eceran NUSAMart. Anggota tercatat pada penanam modal di Nusa Mart otomatis tercatat sebagai anggota pada Barokah Nusa Mandiri

“Saat ini, jumlah anggota koperasi 140 orang anggota. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi yang belum terdaftar sebagai anggota, untuk ikut bergabung mendaftarkan diri di Barokah Nusa Mandiri”, pungkas Gustamto.

Koperasi MWCNU Sampang ini berkantor di gedung MWCNU Kecamatan Sampang yang terletak di komplek Perumahan Bumi Sampang Baru Desa Karangtengah Kecamatan Sampang. Masyarakat Sampang pun menyambut baik keberadaannya.

Penulis : Asep Maulana
Penyunting : Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button