Feature & Figur

Gerbang Tani DPC Kabupaten Cilacap Dilantik, Ini Profilnya

Gerbang Tani Cilacap LOGOPartai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Cilacap kini telah memiliki badan otonom baru bernama Gerbang Tani (Gerakan Kebangkitan Petani Dan Nelayan Indonesia).

Badan otonom yang menaungi bidang pertanian dan Nelayan yang baru dilantik ini digadang-gadang menjadi wadah aspirasi bagi petani nelayan untuk bangkit, berdaya dan maju.

Hal itu dikemukakan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Dr. H. Muhaimin Iskandar, M.Si dalam Pidato Kebangsaan bertajuk ‘Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia’ usai Pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerbang Tani Cilacap di Aula Graha Saba Mulia Kecamatan Kedungreja Cilacap pada Kamis, 23 September 2021.

“Mudah-mudahan dengan adanya organisasi Gerbang Tani ini bisa meningkatkan martabat para petani nelayan, dan meningkatkan taraf hidup mereka agar semakin hari semakin baik.” harap Gus Muhaimin, Waka DPR RI yang juga Ketua Umum DPP PKB.

“Sebagai organisasi otonom atau banom Gerbang Tani Mewadahi Petani dan Nelayan untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan, sekaligus Membawa Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia.” terangnya.

Kegiatan yang dihelat secara virtual tersebut dalam rangka PERINGATAN HARI TANI NASIONAL dan Hari Lahir ke 7 GERBANG TANI. Acara dihadiri oleh seluruh komponen dan pengurus Gerbang Tani Indonesia dan perwakilan kelompok tani nelayan Cilacap.

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman menyampaikan apresiasi atas terbentuknya Gerbang Tani Cilacap, pasalnya baru-baru ini Pemkab Cilacap menerima penghargaan Abdi Bakti Tani sebagai kabupaten peringkat pertama produksi padi tertinggi di Indonesia. Penghargaan dari Pemerintah pusat tersebut tentu bagi Pemkab Cilacap menjadi potensi dan tantangan.

Menurutnya, dengan hadirnya Gerakan Kebangkitan Petani Dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) di Cilacap ini merupakan angin segar bagi para petani nelayan Cilacap, karena memang sesuai, potensi sumber daya alamnya dan warganya mayoritas kalangan petani dan nelayan.

“Kabupaten Cilacap berkomitmen akan terus berupaya mendorong para petani nelayan untuk bangkit, berdaya dan maju.” terangnya

Dia menjelaskan para petani juga sudah mendengar sendiri, bahwa apa yang mesti diupaya lakukan oleh para petani nelayan kedepan, untuk itu dia meyakini melalui organisasi Gerbang Tani ini, maka kedaulatan ketahanan pangan pertanian maupun mutu kualitas hasil perikanan diyakini bisa tercapai.

Apalagi dalam hal ini, katanya, didukung oleh pemerintah, baik eksekutif maupun yudikatif.

Menurutnya, saat ini para petani Cilacap sudah memulai musim tanam dengan luasan ribuan hektar lebih yang tersebar di 24 Kecamatan.

“Begitu masa panen, padinya jadikan simpanan. Supaya masyarakat punya lumbung pangan, dengan cara itu stabilitas pangan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian daerah. Oleh karena itu melalui kebijakan Bangga Mbangun Desa, Cilacap berupaya terus meningkatkan produksi padi.” terangnya.

Kebangkitan Petani Nelayan Cilacap

Kebangkitan Petani dan Nelayan

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerbang Tani Cilacap terpilih, Muniryanto, memaparkan pembentukan Gerbang Tani ini dilatarbelakangi adanya keinginan untuk meningkatkan jaminan kehidupan yang layak bagi petani.

Menurutnya, sebagai pahlawan pangan, petani hari ini masih jauh dari kata sejahtera. Persoalan pupuk, hak guna lahan ataupun pemodalan kian menjadi beban bagi mereka.

“Maka dari itu, Gerakan Kebangkitan (Gerbang) Tani ini dibentuk tujuannya untuk menjembatani, mengadvokasi dan menampung aspirasi maupun persoalan para petani agar bisa diurai dan menemu solusi,” katanya.

Lebih lanjut, berharap gerakan ini akan bisa menyebar hingga ke tingkatan ranting ataupun desa. Masing-masing petani di desa bisa membentuk dan mendaftarkan keanggotaan kepada pengurus cabang agar koordinasinya efektif.

“Gerbang Tani ini memang ditujukan untuk masyarakat akar rumput, supaya mereka berani menyampaikan aspirasi maupun gagasan bagi majunya dunia tani nelayan, dan nanti akan diisi oleh generasi milenial,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Cilacap, Syamsul Auliya Rachman mengapresiasi dan mendukung terbentuknya Gerbang Tani di Kabupaten Cilacap. Ke depan, ia bersama anggota fraksi PKB akan membantu memperjuangkan aspirasi para petani nelayan yang tergabung dalam Gerbang Tani dalam mengurai persoalan yang ada.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button