Berita

Hari Jadi Ke-7, Gerbang Tani Cilacap Perjuangkan Nasib Petani

Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (GERBANG TANI) Kabupaten Cilacap merayakan peringatan Hari Tani Nasional dan Hari jadi Gerbang Tani ke 7 dengan menyelenggarakan kegiatan bertajuk ”Pidato Kebangkitan Tani Indonesia: Restruktrusisasi Ekonomi Indonesia Berbasis Pertanian; Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia” Kamis, (23/09/2021).

Harlah ke-7 digelar secara virtual/hybrid di beberapa tempat, diantaranya Aulia Graha Saba Mulia Kecamatan Kedungreja Cilacap, Kantor DPP Pusat Jakarta, Kantor DPN Gerbang Tani Jakarta dan Kediaman Narasumber masing-masing serta melaksanakan prosesi pelantikan Gerakan Tani Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutanya, Ketua Dewan Pembina Gerbang Tani sekaligus Ketua DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar. memaparkan visi utama gerakan ini ialah meningkatkan derajat petani dan nelayan yang mempunyai andil besar dalam menjaga kestabilan pangan di indonesia.

Tujuan utama Gerbang Tani Indonesia ini untuk meningkatkan derajat petani dan nelayan dalam menjaga kestabilan pangan di indonesia,” ungkapnya dalam sambutan secara virtual.

“Selama ini pembangunan pertanian selalu menjadi program prioritas rezim pemerintahan. Sayangnya, surplus pangan kurang sejalan dengan peningkatan para petani secara nasional,” imbuhnya.

Pemasok Lumbung Pangan Nasional

Ketua DPC PKB Cilacap sekaligus wakil bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman, berpesan ke seluruh anggota Gerbang Tani Cilacap untuk terus mengoptimalkan fungsi gerbang tani dan nelayan sebagai sayap PKB.

Menurut Syamsul, Kabupaten Cilacap sangat potensi sebagai pemasok lumbung pangan nasional, dan Cilacap mendapatkan penghargaan bakti abdi tani sebagai penyangga pangan baik di tingkat provinsi atau nasional yang secara konsisten hampir selalu menyumbang surplus beras.

“Potensi lahan pertanian di Cilacap cukup luas, apalagi didukung oleh kekompakan kelompok-kelompok tani dan petaninya sendiri yang bisa menghasilkan surplus, bahkan menyumbang 300 ribu ton setiap tahunnya, tentunya ini bisa menjadi supporting di provinsi ataupun nasional” ungkap Syamsul kepada Situs Berita NU Cilacap Online

Seperti maqolah muassis Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asyari “bahwa petani adalah tuannya negara dan kuasanya nyata”, dengan semangat ini saya (Gus Muhaimin) dan kita semua harus menjadikan pesan dari sepirit itu, menjadikan nyata kekuasaan petani di negeri sendiri, menjadikan negeri ini makmur karena negerinya memang negeri petani, negeri agraris.

Ketua Gerbang Tani Cilacap H Muniriyanto berharap melalui spirit yang besar dan semangat yang kuat berharap agar kepengurusan dan anggota Gerbang Tani bisa menjadi fasilitator bagi petani dan nelyan di Kabupaten Cilacap.

“Supaya petani-petani lebih semangat dalam menjalankan tugas pertanian.,” kata Muniriyanto

Gerbang Tani Cilacap memiliki program antara lain mengidentifiksi sentra sentra potensi dari berbagi macam kelompok tani agar diketahui sudah seberapa persen petani mampu mengolah pertaniannya.

Kontributor : Anas Mubarok
Editor : Achmad Nur Wahidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four × one =

Back to top button